Memulai Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Pada artikel sebelumnya Saya pernah membahas tentang cara menghasilkan uang lewat blog. Kali ini Saya ingin membahas bagaimana memulai bisnis online dengan memanfaatkan fasilitas gratis. Yups, bagi yang tak mau mengambil banyak resiko dalam memulai bisnis online cara yang satu ini bisa dicoba.

Dengan memanfaatkan fasilitas gratis ini Anda dapat meminimalisir kerugian yang didapat. Namun untuk memulai bisnis online juga punya syarat khusus yaitu Anda harus mempunyai koneksi internet dan satu perangkat PC/Laptop, jika tidak memilikinya bisa menggunakan warnet yang ada di daerah Anda atau dilakukan lewat Smartphone juga bisa loh.

Selanjutnya apa yang ngin Anda lakukan ? Menjual produk, baik digital atau nyata ? Menjual jasa ? Blog Monetizing ? Setelah menentukan pilihan Anda  dengan yakin mengenai apa yang akan Anda tawarkan, saatnya Anda memulai berbisnis online.

Setelah menentukan konsep dan siap untuk terjun di bisnis online. Sekarang saatnya Anda menentukan fasilitas apa yang Anda butuhkan untuk memulainya. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis online, silakan pilih yang cocok dengan pilihan Anda.

1. Berjualan Dengan Cara Dropship

Sistem dropship adalah supplier bekerjasama dengan Anda untuk menjual produk milik supplier, dimana Anda tidak harus mempunyai barang atau stok barang yang akan dijualnya. Dengan sistem ini Anda hanya tinggal mempromosikan dan menjual produk milik supplier lewat media, seperti blog, sosial media, forum, dan sebagainya. Ketika ada pembeli yang membeli produk, Anda hanya tinggal membeli produk kepada supplier. Kemudian supplier akan mengirimkan produk yang dibeli atas nama Anda kepada pembeli.

Setelah semuanya siap sekarang saatnya untuk mulai. Mulailah dengan mengunggah foto produk yang akan  dijual, beri keterangan lengkap dan cara pemesanan, lalu gencarlah melakukan promosi baik kepada teman - teman, saudara ataupun lewat sosial media.

Lalu darimana kita mendapatkan keuntungan dari sistem dropship ? Untuk  persentase keuntungan dari sistem dropship tergantung kesepakatan supplier dengan Anda.

Ada banyak supplier yang menyediakan layanan dropship bagi mereka yang ingin berjualan tanpa khawatir dengan stok barang. Berikut adalah beberapa website penyedia dropship :
a. UDiBis.Com (https://www.udibis.com/)
b. Dropshipaja.com (https://dropshipaja.com/)
c. Dropshipmuslimah.id (https://www.dropshipmuslimah.id/)
d. Supplier.id (http://supplier.id/)
e. Tokopedia (http://tokopedia.com)

Untuk tokopedia ada banyak sekali toko yang membuka layanan dropship, jadi silakan cari toko yang membuka layanan dropship untuk berjualan.

2. Berjualan Lewat Marketplace

Saat ini bisnis e-commerce sedang tumbuh secara signifikan, salah satunya e-commerce marketplace. E-commerce marketplace merupakan media penengah bagi semua transaksi antara penjual dan pembeli. Jadi, e-commerce marketplace ini akan menyediakan layanan rekening bersama (rekber atau escrow) untuk memberikan perlindungan lebih kepada para penjual dan pembeli.

Banyak sekali e-commerce marketplace yang ada di Indonesia, seperti Tokopedia, Ratakan, Freelancer, dan Bukalapak yang popularitas sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berjualan produk nyata, produk dropship, produk digital bahkan jasa.

Anda bisa memanfaatkan marketplace ini untuk digunakan seabagai media penjualan. Selain mudah dan tentunya gratis tanpa dipungut biaya.

Berikut adalah beberapa website marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis online :
a. Ratakan (https://www.ratakan.com/)
b. P-Store (https://p-store.net/)
c. Tokopedia (https://www.tokopedia.com/)
d. Bukalapak (https://www.bukalapak.com/)
e. Freelance (http://freelancer.co.id/)

3. Blog Monetizing

Blog monetizing adalah memanfaatkan blog yang memiliki banyak pengunjung untuk menghasilkan uang. Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dengan blog, seperti menawarkan iklan, menjadi publisher iklan,  menjual produk lewat blog, promosi produk orang lain dan masih banyak yang lainnya.

Menurut Saya, saat ini blog monetizing merupakan bisnis online paling banyak peminatnya. Selain mudah dan gratis, layanan blog ini bisa digunakan oleh siapa saja. Kuncinya adalah Anda harus bisa menuslis.

Jika Anda ingin memulai monetizing blog, Anda bisa mulai  dengan daftar blog dan membangunnya untuk Anda kelola. Tentunya sudah memiliki topik yang tepat dan bisa Anda kelola sesuai kemampuan. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba untuk monetizing blog ini, seperti mendaftakan diri di Google AdSense.


Saat ini ada 2 platform blog yang paling banyak digunakan seperti Blogger dan Wordpress. Anda bisa memanfaatkan salah satunya atau keduanya untuk memulai bisnis blog monetizing.

Sebenarnya masih banyak fasilitas gratis lain yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis online, namun Saya hanya membatasi dengan 3 saja, karena ketiga media tersebut paling banyak digunakan oleh orang-orang dalam memulai bisnis online. Jadi, saatnya menentukan pilihan lewat media apa Anda akan memulai bisnis online dan fokuslah pada salah satu agar Anda bisa sukses di bisnis online. Semoga berhasil dan sukses dengan bisnis online Anda 😀

Komentar