Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google

Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google

Kebanyakan para blogger menganggap untuk menjadi nomor 1 di Google hanya di lihat dari satu sisi SEO saja, namun mereka tak pernah memikirkan kriteria/kategori blog yang disukai oleh Google. Hal ini sangat penting bagi para blogger pemula agar memikirkan dahulu blog apa yang akan dibuat.

Google suka dengan blog yang memiliki domain sendiri atau TLD

Kenapa Saya bilang google senang dengan blog dengan Top Level Domain, karena dimana pun pasti yang berbayar di nomor satukan ketimbang yang gratisan dan ini memang terbukti 100%.

Namun bagi Anda jangan berkecil hati dahulu, blog gratisan seperti blogger juga bisa bersaing dengan blog yang memiliki domain sendiri yang penting mempunyai artikel berkualitas, backlink dan tentunya blog Anda berkualitas.

Google suka dengan blog nofollow

Google sudah pasti menyukai blog nofollow, karena mereka sendiri yang memperkenalkan nofollow. Google juga benci dengan blog dofollow, blog ini hanya disukai oleh para pemburu backlink. Blog dofollow ini sering Kita temui pada blog yang suka bertukar link atau Link Exchange, mereka memanfaatkan ini agar blog mereka dapat cepat mendapatkan backlink.

Jadi, harus pikir panjang dahulu sebelum Anda merubah blog menjadi dofollow.

Google suka dengan blog yang sudah berumur atau sudah tua

Kenapa Saya bilang begitu, karena memang begitulah fakta yang ada.Google beranggapan blog yang sudah berumur dapat menghadirkan artikel/konten berkualitas dan sangat sulit bagi blog baru untuk berada di no 1 Google. Alasan ini cukup beralasan karena Google juga sudah mengatur peraturan pada Google Adsense, yaitu blog yang sudah berumur 6 bulan bisa di daftarkan di Google Adsense.

Setidaknya blog Anda sudah berumur lebih dari 6 bulan maka blog Anda siap untuk berada dan bersaing menjadi no 1 di Google.

Google suka dengan blog yang memiliki banyak backlink

Walaupun Google sudah membuat algoritma baru, backlink tetap menjadi prioritas suatu blog berkualitas. Ini sudah terbukti dari dulu bahwa blog yang memiliki banyak backlink akan sangat disukai Google, namun backlink seperti apa yang disukai oleh Google ? , jawabannya sudah pasti dan jelas adalah backlink yang berkualitas.

Jika Anda mendapatkan banyak backlink hanya dari satu situs/blog maka Anda telah menyalahi peraturan Google dan blog Anda dianggap melakukan tindakan Spamming.

Google suka dengan blog yang memiliki banyak artikel

Google senang dengan blog yang memiliki banyak konten mungkin ini menandakan bahwa blog Anda berkualitas karena bisa menghadirkan banyak artikel. Jadi jangan mengharapkan memiliki 1 atau 2 artikel dapat disukai oleh Google, karena tak mungkin memiliki banyak pengunjung hanya dari 1 atau 2 artikel ;)

Google suka dengan blog yang memiliki konten unik dan berkualitas

Jangan berpikir Anda menulis materi secara asal - asalan, dimana - mana yang bagus, unik dan berkualitas akan selalu di nomor satukan. Jangan berpikir bahwa Google adalah robot bodoh, google bisa membedakan mana yang berkualitas dan mana yang jelek.

Google suka dengan blog yang disukai oleh pengunjung

Google melihat seberapa banyak blog dan artikel Anda dikunjungi, blog yang disenangi adalah blog yang memiliki pengunjung dengan waktu rata - rata kunjungan yang lama.

Blog Anda disukai oleh pengunjung juga bisa dilihat dari seberapa banyak artikel Anda di bagikan atau di sebar luaskan.

Jadi buatlah pengunjung yang membutuhkan blog Anda bukan Anda yang membutuhkan pengunjung ;)

Google suka dengan blog yang fokus atau niche blog

Blog yang memiliki banyak topik akan membingungkan Google, sehingga membuat Google sulit untuk menentukan apa isi sebenarnya dari blog tersebut, sehingga blog Anda akan terabaikan.

Jadi buatlah blog yang spesifik atau fokus dalam satu topik, ini akan menunjukan profesionalitas Anda.

Oleh karena itu lakukan cara diatas agar blog Anda disukai Google ;)

Artikel Terkait

Komentar

Irfan Syahputra
Setelah saya baca keseluruhannya, saya punya pertanyaan nih sob. Saya punya blog dan kebetulan itu blog utama saya. nah jadi gini, blog tersebut di daftarkan di bulan Desember dan masih pakai domain .blogspot , nah baru minggu kemaren saya jadikan tld. Yang saya tanya gimana cara penghitungan umur blog tersebut? Dimulai dari bulan Desember atau Mei ?
Irfan Syahputra
Kebetulan kalau emang dihitung dari bulan Desember blog tersebut mau saya daftarkan GA, kan sayang harus nunggu lagi.
Kang Mousir
Kalau kita ganti domain ibaratnya seperti membuat blog baru, jadi saat kita ganti domain harus mulai dari awal lagi. Coba cek dibagian menu penghasilan, bila tombol daftar GA belum muncul maka penghitungan di lakukan dari bulan Mei sejak ganti ke TLD dan sebaliknya ;)
Dian AnaR-chyta
Brrr Blog saya dofollow kang, dan saya udah jatuh cinta sama domain blogspot untuk saat ini karena pernah pakai domain tld tapi jarang nongkrong di page one Google...
Kang Mousir
Sama saya juga masih setia pake blogspot, kalau ganti harus ngulang lagi dari awal, masih sayang rangking blog yang sekarang :D
Si Ryan
Sayangnya blog saya gado-gado kang :lol:, soalnya biar lebih mudah membuat artikelnya :D
Kang Mousir
gak apa apa sob, itulah tantangan membuat niche blog susah buat nyari artikel yang akan ditulis :D
Muh Hendrik
Memang dimana-dimana teknik SEO pasti konten yang berkualitas tetap menjadi nomor wahid. Saya akui membuat konten yang berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu mohon bagi copaser jangan sembarangan mengcopy artikel orang :)
Kang Mousir
Betul mas, yang berkualitas pasti yang terbaik. Namun artikel yang berkualitas akan menjadi buruk apabila para blogger melakukan copy paste secara mentah bukan menjadi bagus malah menjadi anjlok/buruk ;)
Cahya Putra Pratama
Saya coba terapkan ya kang mousir...
Kang Mousir
Silakan dicoba, semoga blognya makin disukai sama Google
Dafiin Defandaky
sip kang, tapi blog saya termasuk kategori masih baru belum tua tentunya... :)
Kang Mousir
sama kayak blog ini dong :)
belajar ngeblog :D
saya mau tanya mas
kenapa ya dulu blog saya punya banyak visitor.. lama2 visitornya habis sendiri
apa sekarang blog saya tidak disukai google lagi??
padahal saya tidak melakukan perubahan2 yg ektrim..
kalau berkenan mohon cek blog saya
dan saya mohon pendapatnya dan kritiknya
terimakasih
ni blog saya manfaat.in
saya mpe bingung, sebenernya salah dimana???
hiks
Kang Mousir
Bisa jadi blog Anda terkena Google Sandbox, soalnya efek yang timbul setelah kena Google Sandbox visitor drastis turun :)
Muhammad Adam Hussein
Semoga aja apa yang tulis itu bermanfaat buat yang mencari, karena menulis itu karena ada keluhan yang saya baca dari sekitar kita.

Domain saya udah tld dan udah berusia 3 tahun mengabdi.

Moga aja blog saya bisa lebih dikenal banyak orang. Aamiin.

Makasih ya kang?
Kang Mousir
Iya, betul semoga apa yang ditulis bisa bermanfaat buat orang lain. Mantap domain TLD udah 3 tahun, insyallah pasti dikenal banyak orang :D
sugex saint
artikelnya sangat bermanfaat kang, saya akan mencoba memperbaiki blog saya siapa tahu bisa di sukai google
Erick Bonardo Manalu
om mimin, bgmn cara membuat blog nofollow menjadi dofollow, klo ikut tips di google gk ada yang pas, soalnya saya pakai template om mimin. tq
muchamad aji
Mksih infonya Gan,
Tapi bgni,
kemarin saya tdk tau dan menggunakan dofollow tapi sekarang sdh tdk.

pertanyaan saya ,apakah blog saya masih bisa didaftarkan adsense?
Zul Ihsan
Blog saya udah dari 2009... bisa didaftrakan gak yah? nichenya gado2 sih...

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal