Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog

Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog

Membuat blog semua orang juga pasti bisa, namun jika ditanya tentang menghasilkan uang lewat blog masih banyak teman  -  teman blogger yang belum tahu caranya. Nah, pada kesempatan kali ini Saya ingin berbagi pengalaman tentang cara Saya menghasilkan uang lewat blog.

Pertama-tama ada baiknya jika membuat atau membangun suatu blog dengan tujuan yang jelas, sehingga nantinya lebih mudah untuk me-monetize blog sesuai jenis blognya. Jika Anda sudah punya tujuan yang jelas untuk membangun sebuah blog saatnya mulai memaksimalkan blog untuk mendapatkan uang dengan blog atau istilah kerennya blogging for money.

1. Menjual Produk/Jasa Sendiri

Artinya Anda mempunyai suatu produk atau jasa yang akan dijual kepada konsumen. Intinya Anda menulis di blog mengenai keahlian, kegiatan atau informasi tentang produk yang akan dijual.

Dengan menjual produk sendiri lebih mudah untuk mempromosikan produk Anda, karena Anda lebih tahu informasi tentang produk yang ditawarkan. Sedangkan untuk cara penjualannya bisa Anda tawarkan kepada orang-orang yang memang menjadi sasaran produk Anda.

Salah satu contohnya seperti yang Saya lakukan yaitu, menjual template Sang SEO Premium Responsive Blogger Template :).

2. Mengikuti Program Afiliasi/Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah suatu model menghasilkan uang dengan mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Intinya Anda menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi setiap Anda berhasil menjual suatu produk atau jasa yang telah dipromosikan.

Beberapa contoh affliasi :
  • Affiliasi Barang, seperti Amazon, Blibli, dan Lazada
  • Affiliasi Software
  • Affiliasi E-book
  • Affiliasi Hosting
  • Affiliasi Iklan
  • Affiliasi Jasa

Kelebihan dari affiliasi adalah Anda tidak perlu susah payah untuk membuat produk dan melakukan transaksi dengan pembeli. Anda hanya harus melakukan review produk atau menampilkan banner yang Anda dapatkan untuk dipromosikan kepada pembeli.

3. Menawarkan Ruang Iklan Di Blog

Apakah Anda mempunyai sebuah blog yang memiliki traffic yang tinggi ? Jika, iya maka ada cara lain untuk menghasilkan uang dengan blog, yaitu dengan membuka ruang iklan bagi para pengiklan. Harga ruang iklan tergantung dari jumlah traffic dan niche blog Anda.

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah untuk tidak menerima iklan yang tidak berhubungan dengan niche blog Anda. Sebab, akan membingungkan para pembaca blog Anda dan biasanya konversinya jelek.

4. Menjadi Publisher Iklan

Anda juga bisa mencoba menjadi publisher salah satu iklan. Banyak sekali macamnya mulai dai PPC (Pay Per Click). CPM (Cost Per Million), PPD (Pay Per Download), dll. Anda bisa memilih dari salah satu program diatas. Yang Anda perlukan setelah disetujui sebagai mitra penyedia iklan adalah meningkatkan pengunjung dan atau mengoptimasi tampilan dan posisi iklan tersebut agar uang yang Anda peroleh semakin banyak.

Namun, pada metode ini terdapat kelemahan yaitu Anda tidak bisa mendapatkan bayaran langsung setiap action yang Anda lakukan, jadi Anda harus menunggu jumlah minimal atau ambang tertentu hingga dapat melakukan pembayaran.

5. Membuat Toko Online

Sebenarnya sama seperti menjual produk sendiri, namun bedanya Kita memiliki sebuah website yang khusus untuk menjual barang dagangan. Barang yang dijual bisa produk sendiri, dropship atau supplier.

Jika Anda tidak memiliki barang untuk dijual bisa mencoba Drop Shipping, yaitu bentuk bisnis dimana Anda menjual produk orang lain. Beda dengan afiliasi, pembeli membeli produk di Anda. Selanjutnya Anda mengirimkan uang kepada pemilik produk dan memintanya untuk mengirimkan barang kepada pembeli Anda.

Penghasilannya didapatkan dari selisih harga yang Anda dapatkan dari pemilik produk dan harga jual yang Anda tawarkan kepada para pembeli Anda.

Itulah beberapa tips dari Saya yang bisa Anda coba, kesimpulannya silakan Anda coba salah satu cara diatas agar Anda fokus dan mulai bisa menghasilkan uang lewat blog dengan pasti.

Artikel Terkait

Komentar

Anonim
pertamax kang,,, saya salah satu yang belum merasakan hasil dari blog ,,xixixi,,tapi tetep semangat, tanks
Sembilan Dunia
Gagal Pertamax tuh kang... :mrgreen:
Btw, sama kang saya juga belum merasakan hasil dari blog, gegara kehabisan dana buat domain dan gak ada waktu nulis akhirnya blog lama terbengkalai dan terhenti. Sekarang baru mulai blogging lagi, Salam kenal akang2 semua :-d
santika fadilah
pengennya sih punya produk sendiri dan menjadi poin nomor satu, jadi ga terkekang sama aturan publisher ya kang, tapi untuk sementara masih nyari2 iklan dulu, trims ya panduannya..
runganSport
cara no.3 kayaknya susah, tapi kalo udah dapet paling enak tuh duitnya
say group
Untuk saat ini saya masih setia dengan google adsense kang. yag walo penghasilannya masih sedikit hehe.. salam blogger :)
Anak Nelayan
terima kasih pencerahanya kang, jadi tambah semangat ngeblog
Unknown
.Terima kasih gan infonya. :) .Bakal jadi renungan ane ni..
prastiyo
Sebagai blogger pemula saya belum berfikir kesana mungkin suatu saat nanti juga akan mengarahkan blog saya untuk bisa menghasilkan uang, maka kasih gan buat infonya sangat bermanfaat bagi saya
Unknown
Hampir semua nya sudah saya coba, namun satupun gak ada yg berhasil..

Kayak harus lebih fokus lagi nih..
Kay Xaveriuz
artikel yang sangat bagus kang saya ngiler nih dari dulu pengen banget menghasilkan dari blog tapi nihil terus ...yah mudah mudahan tak patah semangat kang siapa tau dapat rejeki dari petunjuk kang mosir di atas
https://lintanggypsum.blogspot.com
No 1 sedang saya lakukan dan sudah bisa menghasilkan.
No 5 baru coba-coba.
Terima kasih untuk tips nya
Unknown
terimaksih postingan anda bermanfaat
Muhammad Qori
Nih ane tambahin, nulis artikel freelance buat blog-blog mapan. di proj*ct co id ada yang banyak membutuhkan jasa nulis konten. Wajib dicoba buat blogger veteran.
Irwin Andriyanto
iseng coba coba ahhhh ditunggu kunjungan baliknya
edufamily
Makasih Bang....artikelnya sangat membantu
Kang Yayat H.
iya belum hasil terus X_x hadeuuuu
Maulpetru
keren blognya bang mousir. sampai sekarang masih tetep eksis.
wah, mantap tuh. saya belum pernah ngerasaain gurihnya dollar atau rupiah dari blog. hehe,
wajib di coba tuh.
Media Berkelana
semangat terus untuk menghasilkan uang dari blog

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal