Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Menit

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Menit

Salah satu masalah untuk sebuah blog baru atau blog yang sudah lama tidak aktif adalah lamanya sebuah artikel terindex oleh Google ketika artikel baru di-publish. Ini yang saya alami sekarang, dikarenakan blog ini sudah jarang sekali update, maka ketika ada artikel baru di-posting otomatis proses index-nya lama sekali.

Masalah lamanya proses indexing ini bisa diatasi dengan berjalannya waktu, seperti lakukan update artikel sesering mungkin. Namun, untuk awal-awal kita bisa mempercepat proses index dengan melakukan request index kepada Google.

Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Google

Sebelum memproses agar artikel cepat terindex google, pastikan dahulu blog atau web kalian sudah terdaftar di Google Search Console. Jika belum, kalian dapat membaca artikel dibawah ini :

Baca : Cara Daftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Search Console

1. Silakan login dan akses web Google Search Console.
2. Jika sudah terdaftar, pilih blog atau web kalian. Kemudian copy URL artikel yang akan kalian request index ke Google ke kolom submit yang ada diatas.
Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Detik
3. Klik enter atau submit, lalu nanti muncul tombol Request Indexing. Klik tombol Request Indexing dan tunggu hingga proses indexing selesai.
Request Indexing Google
4. Untuk mengecek artikel atau postingan sudah terindex atau belum, silakan lakukan pengecekan lewat pencarian google. Caranya copy URL tadi dan cari lewat pencarian Google, jika muncul dalam halaman pencarian Google, maka artikel sudah berhasil terindex Google.

Jika sudah mendaftarkan blog atau web Anda ke Google biasanya tidak lama suatu artikel bisa terindex di pencarian Google. Untuk mempercepat suatu artikel terindex Google, rajinlah untuk mengurus blog atau website Anda.

Artikel Terkait

Komentar

Rizky Kurniawan
Mantab mas tutorialnya,
cocok untuk blog saya yang index nya seminggu 😅
Kang Mousir
Cuma baru-baru ini Google menonaktifkan fitur yang satu ini, jadi kita gak bisa minta request lagi untuk index artikel lebih cepat. Cuma dengan update yang sekarang, rasanya artikel lebih cepat ter-index juga tanpa perlu minta request lewat Google Search Console untuk lakukan indexing.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal