Content Placement dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Content Placement dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Saat ini ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang di zaman teknologi saat ini. Perkembangan teknologi hari demi hari terus berkembang tanpa henti, semakin membuka kesempatan lebar bagi siapapun yang ingin dan mau berusaha untuk menghasilkan uang. Salah satu media dari sekian banyaknya media penghasil uang, teknologi internet menjadi salah satu yang sangat digemari sebagai cara untuk menghasilkan uang.

Teknologi internet ini begitu berpengaruh dalam berbagai bidang dalam termasuk dunia pemasaran, salah satunya adalah internet marketing. Internet marketing  atau pemasaran lewat internet merupakan sebuah cara orang-orang mengenalkan hingga memasarkan sebuah produk atau jasa dari perusahaan kepada para pengguna lewat internet. Salah satu dari begitu banyaknya media pemasaran, yang paling sering menjadi favorit para marketer, yaitu content placement

Apa itu sebenarnya content placement ? Bagi Kamu seorang blogger atau yang sudah lama aktif dalam dunia blogging  mungkin sudah mendengar istilah tersebut. Versi lainnya mungkin Kamu akan familiar dengan istilah-istilah lain, seperti kerjasama pemasangan artikel, kerjasama content placement, review artikel, jasa review dan lainnya.

Kerjasama content placement adalah sebuah bentuk kerjasama antara client dengan website dari salah satu media atau blogger untuk menerbitkan sebuah artikel di websitenya dengan bayaran sesuai perjanjian yang telah ditentukan. Banyak perusahaan-perusahaan dan para pelaku bisnis diluar sana yang mengajak media digital hingga para penulis blogger kecil,  lalu diajak bekerjasama  untuk menerbitkan sebuah artikel yang berhubungan dengan bisnisnya sebagai media promosi.

Apa Itu Content Placement ?

Mungkin beberapa blogger lama maupun baru sudah mengetahui apa itu content placement, namun tidak sedikitnya juga beberapa orang yang belum mengetahui artinya. Pada kesempatan kali ini, Saya akan coba menjelaskan apa itu content placement ? berdasarkan sudut pandang dan sepengetahuan Saya selama  menjadi salah satu blogger yang sering menerima kerjasama tersebut. Hal ini penting, apalagi bagi seorang blogger. Setidaknya dari tulisan ini, Kamu dapat pengetahuan dan informasi detail mengenai content placement, maka ketika Kamu mendapatkan penawaran kerjasama tersebut sudah siap dan tidak kebingungan.

Content placement jika diterjemahkan atau secara bahasa Indonesia memiliki arti penempatan konten. Bagi teman-teman yang sudah terjun di dunia Internet marketing pasti sudah paham betul dengan istilah tersebut. Dalam dunia Internet Marketing hal tersebut sudah lumrah dan sering sekali digunakan oleh para marketer.

Jika dijelaskan secara spesifik dan detail, content placement/pemasaran konten adalah suatu aktivitas dimana orang menerbitkan sebuah artikel/konten pada sebuah media digital, misalnya website diluar media digital yang dimilikinya. Tujuan penempatan konten ini antara lain, meningkatkan reputasi bisnis, mendatangkan sumber traffic, memancing calon pelanggan ke website hingga untuk mempromosikan bisnis kepada pengguna internet.

Manfaat Content Placement Untuk Bisnis

Manfaat Content Placement Bagi Bisnis

Teman-teman semua pasti penasaran dong dengan manfaat content placement ini, sebenarnya apa sih manfaaat content placement bagi bisnis? Berbicara mengenai manfaat penempatan konten, sebenarnya bisa membantu bisnismu cepat berkembang loh. Berikut ini akan Saya ulas mengenai beberapa manfaat pemasangan konten pada sebuah website!

1. Membangun Reputasi Sebuah Bisnis

Bagi sebuah bisnis memiliki reputasi yang baik sangat penting dan tidak kalah penting juga untuk terus membangun reputasi bisnisnya semakin baik. Ketika bisnis milikmu mempunyai reputasi yang baik dan bagus di mata orang-orang, maka bisnismu nanti akan mudah mendapatkan kepercayaan konsumen dan calon konsumen. Sehingga dengan memiliki reputasi yang baik akan mudah untuk lebih banyak menjangkau banyak konsumen.

Sehingga jika bisnismu memanfaatkan strategi content placement yang tepat sasaran, secara perlahan demi perlahan akan membangun reputasi bisinismu menjadi semakin lebih baik. Strategi ini bisa dimulai dengan mulai mengajak media digial hingga para blogger untuk mengulas mengenai bisnismu. Namun pilihlah media digital hingga blogger yang memiliki pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu jual, sehingga strategi ini akan berhasil karena Kamu mengenalkan dan memasarkannya sesuai target pasar dari bisnismu.

2. Membantu dan Meningkatkan Branding

Selain membangun reputasi baik dari content placement, manfaat lainnya bisa membantu bisnismu untuk branding secara tidak langsung loh. Branding sendiri memiliki arti mengenalkan brand atau merek sebuah perusahaan yang memiliki arti yang akan terus diingat dan tertanam dalam pikiran konsumen.

Dengan memanfaatkan content placement/penempatan konten yang benar dan tepat akan memperbesar peluang membuat branding bisnismu semakin dikenal dan diingat banyak oleh orang-orang. Oleh karena itu, mulai yuk untuk meningkatkan branding bisnismu lewat content placement yang benar dan tepat!

3. Membantu Mendatangkan dan Meningkatkan Traffic

Manfaat lain dari content placement ini adalah bisa membantumu mendatangkan dan meningkatkan traffic ke websitemu. Biasanya dalam sebuah penempatan konten di suatu website, Kamu diperbolehkan untuk menautkan link dalam artikelnya. Dengan tautan artikel tersebut akan memungkinkan pengunjung mengunjugi websitemu.

Selain itu, website bisnimu akan kebanjiran traffic juga. Jika Kamu melakukan penempatan konten di website yang memiliki high traffic atau penggunjung yang banyak. Hal ini terjadi karena pengunjung mengklik tautan link dalam sebuah konten tersebut, otomatis akan membawa pengunjung dari website lain ke websitemu. Sehingga akan membuat pengunjung barumu bisa tertarik akan bisnismu. Namun biasanya, website yang memiliki high traffic atau penggunjung yang banyak akan memiliki biaya jasa yang mahal. Jadi, kalo Kamu sudah siap dengan dananya, pilih saja jasa ini! 

4. Meningkatkan Posisi Website di Mesin Pencarian (SEO)

Kebanyakan alasan utama dari sebuah strategi content placement yang biasanya dilakukan oleh para SEO Specialist  hingga marketer tujuan utamanya adalah untuk optimasi SEO (Search Engine Optimazation). Hingga hari ini, alasan tersebut masih menjadi paling kuat dan ampuh untuk meningkatkan posisi sekaligus mendapatkan traffic dari mesin pencari berdasarkan kata kunci yang diincar.

Biasanya dalam sebuah penempatan konten artikel disisipkan sebuah tautan link dengan anchor link berupa kata kunci yang diincar. Kata kunci atau keyword itu kan mengarah ke websitemu dan akan menjadi backlink untuk mendongkrak posisi websitemu di mesin pencari. Hingga hari ini algoritma Google masih menganggap backlink menjadi salah satu faktor penentu peringkat suatu website.

Manfaat kelima adalah Kamu akan mendapatkan backlink yang berasal dari penempatan konten. Tentunya poin kelima ini ada hubungannya dengan poin keempat, yaitu tujuannya untuk optimasi SEO. Karena backlink masih menjadi salah satu faktor kuat dalam penentuan peringkat suatu website di mesin pencari.

Untuk mendapatkan backlink dari sebuah website lewat content placement perlu hati-hati loh, karena hal ini bisa menjadi boomerang untuk website bisnismu. Kamu perlu memilih website-website yang memilki reputasi dan kualitas yang bagus. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum Kamu melakukan kerjasama dengan para media digital hingga para blogger, Kamu harus melakukan tracing terhadap calon webiste yang akan diajak kerjasama.

Jika Kamu menempatkan konten di website yang berkualitas jelek, biasanya website bisnismu akan kena dampaknya juga. Salah satu contohnya websitemu akan kena pinalti dari Google dan hilang dari pencarian. Karena backlink yang bagus dan berkualitas berasal dari website yang memiliki reputasi dan kualitas bagus. Sehingga mesin pencari akan melihat backlink  tersebut terlihat alami dan akan mendongkrak posisi websitemu di mesin pencarian, misalnya Google.

Lalu bagaimana caranya memilih website yang bagus untuk mendapatkan backlink yang berkualitas ? Saya akan coba memberi tips untuk menentukan kualitas website. Berikut ini adalah parameter yang biasa digunakan untuk menentukan kualitas suatu website, antara lain usia domain, history domain, Domain Authority, Page Authority, Trust Flow, Citation Flow, Domain Rating, Alexa Rank, Moz Rank, dan masih banyak lagi.

6. Membangun Kepercayaan Konsumen

Manfaat terakhir ini juga tak kalah penting, karena manfaat lain dari content placement adalah bisa membangun kepercayaan konsumen. Alasannya semakin banyak website atau bisnismu di-review atau dibahas oleh beberapa website yang memiliki kredibilitas yang bagus akan membangun sebuah kepercayaan konsumen terhadap bisnismu.

Sehingga konsumen atau calon konsumen akan lebih memilih bisnismu dibandingkan yang lain, karena bisnismu banyak yang sudah direkomendasikan oleh banyak website terpercaya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Jasa Content Placement Berkualitas?

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari jasa content placement (penempatan konten) ini, tentunya para pelaku usaha tertarik untuk menggunakan jasa ini sebagai media promosi bisnis yang dimiliki. 

Mungkin saat ini Kamu dan yang lainnya kebingungan dimana harus mencari blog atau website yang menerima tawaran kerjasama content placement untuk media promosi bisnis milikmu. Namun, saat ini Kamu tak perlu khawatir, karena KangMousir.Com membuka kerjasama content placement untuk media promosi bisnismu. 

Blog KangMousir.Com merupakan blog personal yang sudah Saya kelola kurang lebih 6 tahun lalu dan mulai aktif menerima tawaran kerjasama content placement, review, dan sponsored post sejak tahun 2020. Walaupun masih terbilang baru, tetapi blog ini sudah menerima beberapa kejasama penempatan konten dari beberapa client ternama dan membantu client untuk mendapatkan posisi pertama di pencarian Google. 

Berikut ini adalah beberapa tulisan yang Saya kerjakan untuk kebutuhan client yang pernah melakukan kerjasama penempatan konten di blog ini :

Ada beberapa alasan kenapa Kamu harus kerjasama content placement di blog KangMousir.Com, antara lain : 

  • Blog sudah aktif lebih dari 6 tahun, kemudian domain sudah berusia 4 tahun.
  • Mempunyai reputasi baik di mesin pencarian, mudah dan cepat terindeks di mesin pencari Google.
  • Mempunyai Domain Authority, Page Authority, Trust Flow, Citation Flow yang bagus.
  • Pernah memenangkan kontes SEO
  • Menggunakan template yang SEO dan User Friendly.
  • Menggunakan tulisan sesuai kaidah SEO.
  • Membantu client mendapatkan peringkat di pencarian Google dan sudah berkali-kali melakukan repeat order.

Kesimpulan

Begitu banyak sekali manfaat dan keuntungan dari kerjasama content placement ini, akan membuat bisnis milikmu mudah untuk dikenal banyak orang, sehingga akan meningkatkan reputasi, membantu branding, hingga membantu website untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari berdasarkan kata kunci yang diincar.  Selain itu strategi penempatan konten ini juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dan calon kosumen.

Namun untuk melaksanakan strategi content placement ini, Kamu perlu hati-hati dan pilih-pilih dalam menentukan website yang akan diajak kerjasama untuk penempatan konten ini. Oleh karena itu pilihlah website-website yang memiliki history dan reputasi yang baik. 

Dengan begitu backlink yang masuk pada website bisnis milikmu berkualitas. Ini penting karena backlink masih menjadi salah satu faktor kuat dalam menentukan peringkat di mesin pencari. Walaupun jumlah backlink yang masuk sedikit, ini lebih baik daripada backlink banyak yang masuk dari website-website yang low quality.

Apakah Kamu tertarik untuk melakukan kerjasama content placement dengan KangMousir.Com? Kamu bisa menghubungi Saya lewat Whatsapp +6285155153741 atau email kangmousir@gmail.com. Terkait detail kerjasama dan syarat ketentuan content placement ini bisa kamu baca dibawah ini ya!

Demikianlah tulisan ini, semoga Kamu dan para pelaku usaha bisa memahami apa itu content placement dan manfaatnya bagi bisnis. Terima kasih!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal