Butuh Aplikasi Edit Foto Online Gratis? Pakai Fotor Saja!

Butuh Aplikasi Edit Foto Online Gratis? Pakai Fotor Saja!

Sekarang sudah banyak sekali layanan aplikasi edit foto yang bisa Kamu coba, ada yang gratis dan adapula yang berbayar. Salah satu tujuan utama dari aplikasi edit foto ini tentunya untuk memudahkanmu dalam mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan cantik.

Namun, saat ini trend aplikasi edit foto mulai bergeser ke berbasis web atau online. Tadinya aplikasi edit foto berbasis desktop ini ramai digunakan oleh banyak orang-orang di komputernya masing-masing. 

Tetapi aplikasi berbasis desktop tersebut, sekarang ditinggalkan oleh para pengguna yang lebih memilih efisiensi dalam penggunaannya. Walaupun sebenarnya sekarang aplikasi edit foto berbasis desktop masih sering digunakan dan menjadi favorit untuk para profesional di bidang desain grafis.

Di era serba digital ini, sekarang para pengguna lebih memilih aplikasi berbasis web atau online. Hal ini dikarenakan aplikasi berbasis web punya kelebihan, antara lain : mudah diakses, tidak perlu install di perangkat, lebih cepat, tidak memakan waktu banyak, bisa digunakan dimananapun, dan lain-lain.

Salah satunya termasuk aplikasi edit foto online, saat ini banyak platform yang mulai terjun untuk membangun aplikasi edit foto online gratis untuk memudahkan pengguna dalam mengolah foto miliknya agar menjadi lebih bagus. Nah, salah satu aplikasi edit foto online gratis yang menurut Saya wajib Kamu coba adalah Fotor.

Fotor merupakan sebuah layanan edit foto hingga desain grafis berbasis web atau online. Layanan ini merupakan aplikasi edit foto online terbaik yang kaya akan fitur. Dengan hadirnya kemudahan fitur dan template yang sudah disediakan oleh layanan ini, akan memudahkanmu untuk dalam editing hingga desain grafis karyamu.

Untuk mengetahui secara jelas dan detail mengenai layanan dari Fotor ini. Yuk, pada kesempatan kali ini akan Saya bahas sampai detail. Jadi, simak dan baca baik-baik ya! 

Apa itu Fotor ?

Fotor

Fotor adalah sebuah layanan edit foto dan desain grafis berbasis web atau online yang memudahkan penggunannya untuk mengolah foto, gambar, dan sejenisnya agar menjadi lebih bagus dengan berbagai macam fitur yang dimilikinya.

Fotor memberikan kemudahan kepada para penggunannya untuk mengedit hingga membuat desain grafis lewat layanannya. Fotor juga bisa Kamu gunakan untuk membuat gambar untuk kebutuhan website, media sosial, dan untuk gambar desain blog. Karena dalam layanan Fotor, sudah disediakan juga template yang bisa mempercepatmu dalam membuat desain.

Fitur-fitur Fotor

Fotor saat ini memiliki 3 fitur utama yang menjadi andalannya, yaitu Photo Editor, Collage (Kolase), Design Graphic. Ketiga fitur tersebut juga di dalamnya memiliki sub fitur yang banyak juga dan bisa membantumu dalam edit dan desain gambar.

Agar lebih mengetahui setiap fitur yang ada dalam Fotor, yuk Kita bahas lebih detail mengenai fitur-fiturnya!

Photo Editor (Foto Editor)

Editor Photo

Dalam fitur photo editor ini, Kamu bisa memakai berbagai macam sub fitur yang ada untuk mempercantik fotomu. Beberapa fitur-fitur yang ada pada editor photo ini antara lain :

1. Adjustment

Dalam fitur adjustment ini, Kamu bisa mengatur warna, pencahayaan, mengubah ukuran, memotong gambar hingga mengubah angle foto. 

Fitur adjustment ini merupakan fitur-fitur basic untuk mempercantik fotomu. Kamu hanya tinggal mengatur angka dan geser-geser saja sesuai kebutuhanmu.

2. Effects

Pada fitur effects ini, Kamu tinggal memilih saja efek yang diinginkan untuk memperindah fotomu. Kamu tinggal pilih dan klik saja, nanti otomatis akan mengubah fotomu sesuai efek yang dipilih.

Ada banyak pilihan yang bisa dipilih. Kamu hanya tinggal pilih saja efek foto yang cocok dan menurutmu bagus.

3. Beauty

Pada fitur beauty ini, Kamu bisa melakukan re-toucing atau makeup wajahmu secara digital. Kamu bisa melakukan makeup terhadap wajahmu layaknya makeup wajah seperti biasanya.

Dalam fitur ini, Kamu tinggal pilih-pilih warna, angka, tekstur dan tinggal geser-geser saja. Begitu mudahnya bukan untuk melakukan makeup lewat aplikasi ini. Jadi Kamu tidak perlu ribet atau susah untuk melakukan makeup secara manual, cukup lewat aplikasi ini saja!

4. Frames

Jika Kamu ingin menambahkan frame pada fotomu, Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk mempercantiknya. Ada banyak pilihan frame yang bisa dipilih sesuai yang Kamu sukai dan minati.

5. Elements

Untuk menambah ekspresi dalam fotomu. Kamu bisa memanfaatkan fitur elements ini, dengan fitur ini Kamu bisa menambahkan sticker-sticker agar menambah kesan fotomu terlihat lebih hidup.

Ada banyak pilihan sticker yang bisa dipilih, Kamu bisa pilih sesuai keperluanmu. Sticker di kelompokkan sesuai temanya masing-masing, jadi akan memudahkanmu ketika dalam mencari sticker yang cocok untuk fotomu.

6. Text

Selain menambah sticker, Kamu juga bisa menambahkan tulisan dalam fotomu. Ada banyak macam pilihan font yang bisa dipilih. Kamu tinggal ketik tulisannya dan pilih font yang disukai.

Design Graphic (Desain Grafis)

Design Graphic

Pada fitur design graphic ini, Kamu bisa melakukan desain gambar berdasarkan template yang sudah disediakan oleh Fotor atau Kamu bisa membuat desain secara manual. Namun untuk desain manual, Kamu akan dipermudah dengan berbagai asset desain yang ada, sehingga akan mempercepatmu dalam desain gambar.

Ada begitu banyak template desain grafis yang bisa Kamu pilih dan gunakan untuk mempercepat desain gambarmu. Beberapanya, antara lain : template facebook post, template youtube, template instagram, template presentasi, template tiket, template poster, dan masih banyak lagi pilihan desain template yang bisa digunakan.

Untuk lebih jelas mengenai fitur-fitur yang ada pada desain grafis di Fotor ini, mari Kita bahas satu-persatu. Berikut beberapa fitur yang ada di desain grafis Fotor :

1. Templates 

Dalam fitur desain grafis ini terdapat beragam pilihan template yang bisa Kamu gunakan untuk mempercepatmu dalam desain gambar, seperti yang sudah Saya sebutkan sejak awal tadi.

Ada beragam template yang bisa dipilih dan digunakan, mulai dari template untuk desain website, event, hingga sosial media. Kamu tinggal memilihnya dan mengubahnya sedikit sesuai dengan kebutuhan desainmu.

2. Elements

Lalu dalam fitur elements ini, Kamu bisa menambahkan berupa shape, lines, sticker, icon, hingga gambar. Ini bisa Kamu gunakan sesuai kebutuhanmu, jika template yang sudah disediakan merasa kurang. Maka Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menambah asessoris agar desain gambarmu lebih bagus.

3. Text

Untuk fitur text ini juga disediakan template yang bisa Kamu pilih dan sesuaikan. Jika text template tersebut dirasa belum cocok, Kamu juga bisa buat sendiri tulisan dan font yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhan desainmu.

4. Photos

Nah, pada fitur photos ini Kamu bisa mengambil dari luar atau memanfaatkan stock photos yang ada pada Fotor ini. Enaknya menggunakan Fotor adalah Kamu akan dimanjakan dengan berbagai asset yang begitu melimpah, sehingga akan membantumu mempercepat dalam desain gambar.

Artinya Kamu tak perlu repot-repot mencari-cari asset-asset gambar untuk kebutuhan desainmu. Kamu hanya tinggal pilih saja asset yang sudah disediakan oleh Fotor.

5. Background

Selain sudah disediakan piliahan warna untuk desain gambar. Pada fitur ini juga disediakan texture background yang banyak, jadi Kamu tinggal pilih saja ya!

6. Extension

Nah ini dia fitur yang menurut Saya paling keren dari Fotor, yaitu Kamu bisa buat desain gambar untuk visualisasi data. Jadi disini Kamu tidak perlu ribet dalam desain gambar visualisasi datanya, karena tinggal pilih templatenya dan atur data-data yang akan divisualisasikan.

Collage (Kolase Foto)

Collage

Pada fitur collage atau kolase foto ini, Kamu bisa kombinasikan beberapa macam foto menjadi sebuah desain utuh yang isinya beragam macam foto. Disini Kamu bisa mengatur beberapa foto menjadi sebuah desain dengan layout yang diatur agar terlihat lebih indah.

Disini juga disediakan beberapa template yang bisa dipilih dan dipakai. Nantinya Kamu tinggal masukkan beberapa foto dan secara otomatis aplikasi Fotor akan membuat kolase fotonya sendiri berdasarkan foto tadi.

Sama halnya dengan fitur photo editor dan design graphic. Pada fitur ini juga disediakan beragam sub fitur yang bisa Kamu manfaatkan, mulai dari mengatur layout, background, texture, warna, hingga sticker.

Perbedaan Fotor Basic, Fotor Pro, dan Fotor Pro Plus

Dalam aplikasi Fotor ini terdapat 3 jenis akun yang bisa dipilih, yaitu Fotor Basic atau gratis, Fotor Pro, dan Fotor Pro Plus. Ketiga jenis akun tersebut memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Walaupun sebenarnya dengan akun Fotor Basic atau gratis, Kamu sudah mendapatkan fitur-fitur yang menurut Saya cukup untuk kebutuhanmu dalam editing foto dan desain grafis. Namun tentunya fitur gratis ini memiliki keterbasan sendiri, salah satunya yang paling banyak adalah masalah asset yang disediakan untuk akun gratis lebih sedikit dibanding yang berbayar.

Jadi pada intinya perbedaan dari ketiga akun Fotor tersebut adalah terdapat pada perbedaan jumlah asset yang bisa digunakan. Namun untuk fitur-fitur utamanya, Kamu tetap bisa menggunakannya untuk kebutuhan editing foto hingga desain grafis kok. Kalo Kamu penasaran dengan detail perbedaannya, bisa lihat gambar dibawah ini!

Keunggulan dan Kelebihan Fotor

Setelah membahas mengenai apa itu Fotor hingga penjelasan detail dari fitur-fitur yang ada pada aplikasi Fotor, kali ini Saya akan membahas mengenai keunggulan dan kelebihan Fotor. 

Banyak sekali manfaat menggunakan aplikasi Fotor ini, berikut ini adalah keunggulan dan kelebihan Fotor :

  • Mudah digunakan
  • Selain berbasis web atau online, aplikasi ini juga tersedia versi desktop, Android, dan IOS. Kamu bisa menggunakannya di handphone lewat aplikasi yang tersedia di handphone.
  • Bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.
  • Menyediakan banyak desain template untuk kebutuhan desain website hingga sosial media.
  • Mempunyai tampilan yang user friendly, sehingga pengguna nyaman ketika memakainya.
  • Memiliki banyak stock foto bahkan hingga jutaan, jadi tidak perlu pusing mencari aset foto.
  • Mempercepat dalam editing foto dan desain grafis.
  • Memilki banyak pilihan font dan Kamu cuma tinggal pilih saja.
  • Terintegrasi dengan sistem cloud, jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kehilangan data desainmu di Fotor.
  • dan masih banyak lagi.

Mungkin itulah beberapa keunggulan dan kelebihan aplikasi Fotor ini. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihannya, cuma untuk membuktikannya apa yang Saya tulis disini, mending Kamu coba sendiri saja langsung.

Kesimpulan

Aplikasi Fotor berbasis web atau online ini akan sangat membantu para pengguna untuk melakukan editing foto dan desain grafis menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini karena Fotor sudah menyediakan banyak pilihan template, mulai dari template untuk kebutuhan website, poster, event, hingga sosial media.

Jadi Kamu tidak perlu melakukan desain dari awal. Kamu hanya tinggal pilih templatenya dan sesuaikan dengan desain sesuai kebutuhanmu. Tentu ini menghemat waktumu daripada harus membuat desain dari nol.

Dengan berbagai macam pilihan template hingga stock photo yang sudah disediakan oleh Fotor. Kamu tidak perlu khawatir untuk kehabisan ide atau stock photo ketika dalam melakukan desain gambar atau editing foto.

Fitur editing foto di aplikasi Fotor ini juga sangat kaya akan fitur yang akan mempercantik fotomu semakin indah. Salah satunya ada fitur makeup, kamu tinggal pilih, isi angka, dan geser-geser saja loh.

Jadi yuk, daripada Kamu penasaran mending langsung saja coba aplikasi Fotor ini sekarang juga di webnya. Selain tersedia versi webnya, aplikasi ini juga tersedia versi desktop, Android, dan IOS juga.

Begitulah informasi yang bisa Saya sampaikan mengenai penjelasan aplikasi Fotor ini. Semoga informasi ini membantumu dalam melakukan edit foto online dan desain grafis dengan mudah ya!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal