Cara Membuat Faktur atau Invoice PayPal

Cara Membuat Faktur atau Invoice PayPal

Membuat faktur atau invoice pembayaran biasa dilakukan sebagai alat penagihan kepada pembeli. Biasanya dalam bisnis invoice selalu dilampirkan setiap terjadi transaksi, bentuk invoice bermacam-macam karena tak ada format baku bentuk invoice. Namun, ada beberapa poin yang harus ada dalam invoice, yaitu nama barang/jasa. jumlah, harga satuan, dan harga total yang harus dibayar oleh pembeli.

Sebelumnya Saya sudah bahas mengenai apa itu invoice dan manfaatnya untuk blogger. Pada artikel sebelumnya, Saya juga sertakan contoh invoice manual yang sering Saya digunakan untuk pembayaran jasa content placement di blog ini. Invoice manual bisa Kita gunakan untuk pembeli yang berasal dari Indonesia ataupun luar negeri.

Namun ada beberapa client luar negeri yang menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran. Sehingga Kita perlu akun PayPal untuk menerima pembayarannya. Biasanya untuk client yang menggunakan PayPal akan meminta invoice PayPal sebagai alat penagihan yang sah. 

Maka invoice manual yang sudah dibuat tidak akan bisa digunakan, karena client meminta faktur atau invoice PayPal. Untuk mengetahui apa itu invoice PayPal hingga bagaimana cara membuat invoice PayPal? Yuk, Kita bahas pada artikel kali ini!

Penjelasan Invoice PayPal

Invoice PayPal adalah faktur atau invoice yang disediakan oleh PayPal untuk memudahkan penjual dalam meminta pembayaran kepada pembeli.  Intinya dengan adanya fitur invoice PayPal ini membuatmu bisa mengatur dan manajemen invoice setiap akan menagih pembayaran kepada client.

Dalam fitur invoice PayPal ini bisa custom sesuai keinginan sendiri. Selain itu disediakan juga untuk membuat bermacam-macam template invoice sesuai kebutuhan. Jadi ketika akan melakukan penagihan pembayaran kepada client tinggal pilih saja template yang sudah dibuat. 

Kemudian invoice yang sudah dibayar akan muncul juga historynya, dan nomor invoice akan otomatis terurut sesuai pembayaran yang telah dilakukan. Sehingga nantinya invoice ini akan berguna untuk pembukuan keuangan Kamu.

Manfaat Menggunakan Invoice PayPal

Sebenarnya mengirim uang secara pribadi atau langsung bisa saja dilakukan. Namun tentunya pembayaran dengan menggunakan invoice PayPal banyak manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat, jika menggunakan faktur atau invoice PayPal.

  • Jika Kamu menjalankan bisnis online, maka dengan menggunakan invoice PayPal akan membuat bisnismu terlihat profesional.
  • Setiap faktur atau invoice yang dibuat akan otomatis terurut nomornya. Sehingga akan memudahkanmu dalam melacak invoice yang sudah dibuat.
  • Invoice PayPal bisa dikirimkan ke banyak orang.
  • Kamu dapat memberi pengingat kepada pengirim untuk invoice PayPal yang belum dibayar.
  • Adanya invoice PayPal akan memudahkanmu untuk menjadwalkan pembayaran, seperti harian, mingguan, dan bulanan dengan tanggal yang telah ditentukan.

Cara Membuat Invoice PayPal

Saya akan jelaskan langkah-langkah membuat invoice PayPal dan mengirimnya kepada penerima. Berikut ini adalah langkah-langkahnya cara membuat dan mengirim invoice PayPal.

1. Pertama silakan Kamu login ke akun PayPal milikmu.

2. Setelah masuk, klik menu Summary. Di menu akan ada icon titik 3 di sebelah pojok kanan, lalu klik maka akan muncul menu lagi. Kamu pilih Create an Invoice untuk membuat terlebih dahulu invoice-nya.

Create an Invoice PayPal

3. Setelah itu akan muncul halaman untuk membuat invoice yang diinginkan, seperti dibawah ini.

Invoice PayPal

4. Ada banyak kolom yang Kamu harus isi, untuk penjelasan dari setiap kolomnya sebagai berikut :

  • Your Business Information : Dibagian ini untuk mengisi data-data tentang bisnismu, seperti nama bisnis, nama lengkap, alamat, telepon, email. website, dan bisa juga ditambahkan logo untuk membuat invoice terlihat lebih profesional.
  • Frequency : Untuk mengatur rentang waktu pembayaran invoice, seperti dibayar hanya sekali saja, tiap minggu, tiap bulan, tiap tahun, atau bisa disesuaikan berdasarkan tanggal yang Kamu inginkan.
  • Invoice Number : Nomor urut invoice, secara default nomor ini otomatis oleh sistem. Namun, jika Kamu ingin mengubahnya bisa juga.
  • Invoice Date : Tanggal waktu invoice dibuat.
  • Reference : Nomor referensi mengenai invoice, bisa diisi atau tidak.
  • Due Date : Batas waktu pembayaran invoice.
  • Bill to : Pembayaran invoice ditujukan kepada siapa. Pada kolom ini harus diisi dengan akun PayPal penerima.
  • CC : Diisi dengan email orang yang akan diberi pengingat untuk pembayaran invoice.
  • Customize : Pada bagian ini, Kamu bisa mengatur kolom mengenai detail barang, jumlah, dan harga.
  • Note to recipient : Catatan untuk penerima.
  • Terms and Conditions : Syarat dan ketentuan mengenai invoice yang harus dibayar oleh penerima.
  • Attach Files : Jika ada tambahan files atau data bisa dimasukkan disini. Selain itu bisa juga menambahkan memo pada invoice yang dibuat.

Setiap pembayaran yang menggunakan invoice akan dikenakan pajak sebesar 10% ya, jadi Jika ingin pajak dibayar oleh penerima, lebih baik Kamu masukkan pajak dalam invoice pembayarannya.

5. Terakhir tinggal Kamu kirim ke penerima atau disimpan sebagai template juga bisa.

6. Selesai.

Itulah cara membuat faktur atau invoice PayPal dan mengirimnya kepada penerima. Invoice PayPal ini akan sangat membantumu dalam mengelola bisnis dan pembukuan keuangan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal