Tips Membuat CV Internasional

Tips Membuat CV Internasional

Pernahkah kamu berpikir untuk bekerja di luar negeri? Hal pertama yang harus kamu lakukan saat melamar secara internasional adalah mencari tahu apakah harapannya untuk resume atau CV tradisional. Formulir CV yang lebih panjang jauh berbeda dari resume, jadi penting untuk mencari tahu mana yang kamu butuhkan. Dan tentu saja kamu harus membuat cv bahasa inggris. Resume internasional bukanlah format, melainkan strategi yang harus diikuti untuk menyelaraskan resume mu dengan ekspektasi lokal dan standar resume. Kunci menulis untuk audiens internasional adalah memahami lebih banyak tentang ekspektasi - format apa yang mereka sukai, apakah mereka ingin diterjemahkan, apakah mereka memerlukan referensi, foto profesional, atau portofolio?

Nada atau tone juga sangat penting tergantung di negara mana kamu melamar. Misalnya, resume bergaya Amerika diharapkan lebih mempromosikan diri sendiri, sedangkan negara lain, seperti China, diharapkan lebih sederhana. Tentu saja yang digunakan adalah cv bahasa inggris di negara mana oun kamu melamar. Kiat resume internasional - Lebih dari resume lainnya, jika kamu melamar ke negara asing, kamu perlu menjelaskan tentang kewarganegaraan, status visa, dan kemampuan bahasa mu dengan jelas. Meskipun ini tidak penting jika kamu melamar di negara mu sendiri, ini adalah informasi penting untuk resume internasional. 

Tiap bagian negara juga memiliki ciri CV yang berbeda, misalnyadi Asia cenderung lebih lama daripada resume tradisional Amerika dan Eropa. Praktik terbaik di sini adalah memasukkan semua informasi yang biasanya kamu inginkan: informasi pribadi, detail kontak, riwayat pekerjaan, akademisi, keterampilan, bahasa, dan referensi. Tapi, kamu harus menyertakan foto profesional. Tidak seperti Amerika Serikat yang biasa menambahkan foto ke resume mu hanya di industri tertentu, di Asia umumnya diharapkan kamu menyertakan foto di setiap industri. Juga sertakan dua salinan resume mu- satu dalam bahasa Inggris, dan satu lagi dalam bahasa asli negara itu. 

Itulah tips untuk membuat CV Internasional dengan bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan. Semoga tips ini dapat membantumu dalam mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal