5 Manfaat Membayar Pajak Untuk Diri Sendiri

5 Manfaat Membayar Pajak Untuk Diri Sendiri

Sudahkah Kamu menjadi orang taat membayar pajak? Jika belum, yuk mulai sekarang untuk taat membayar pajak. Stop dulu berpikiran negatif mengenai pajak hanyalah akal-akalan pemerintah untuk memeras uang raykat. Karena, justru dari penerimaan pajak dari rakyat digunakan untuk kepentingan negara dan rakyat.

Maka, sebagai bentuk kontribusi Kita sebagai rakyat adalah taat dalam membayar pajak kepada negara. Dengan membayar pajak, Kamu membantu dirimu sendiri, negara, dan juga membantu orang lain lewat pajak yang kamu bayar kepada negara.

Jadi, buat Kamu yang belum membayar pajak. Yuk, mulai sekarang untuk ikut berkotribusi kepada negara dan membantu memakmurkan rakyat dengan mulai membayar pajak. Nah, sebagai informasi untuk meyakinkan, bahwa membayar pajak itu banyak manfaatnya. Berikut adalah manfaat yang dapat Kamu dapatkan jika membayar pajak dari berbagai sumber, sebagai berikut :

Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Manfaat yang paling Kamu rasakan dari membayar pajak salah satunya adalah infrastruktur dan fasilitas umum. Tahukah Kamu, bahwa pembangunan infrasrtuktur dan fasilitas umum yang Kamu rasakan hari ini  dibangun dari penerimaan pajak rakyat. Seperti pembangunan jalan tol, jembatan, pelabuhan, terminal, rumah ibadah, sekolah, higga rumah sakit.

Hadirnya insfrasrtuktur dan fasilitas umum yang lengkap akan memudahkamu dalam berbagai hal. Misalnya akses berpergian antar kota hingga provinsi, jauh akan lebih mudah dan cepat kalau infrastruktur dan fasilitas umum sudah ada dan lengkap. Sehingga Kamu bisa mencapat tujuan dengan cepat, aman, dan selamat.

Fasilitas Kesehatan

Alokasi penerimaan pajak juga digunakan untuk fasilitas kesehatan juga. Faslitas kesehatan yang Kamu gunakan dan rasakan hari ini adalah hasil dari pembayaran pajak rakyat. 

Alokasi pajak untuk kesehatan antara lain, menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK),  balita yang kekurangan gizi, meningkatkan  pelayanan dan mutu rumah sakit, dan pembiayaan JK/KIS bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Fasilitas Pendidikan

Dalam dunia pendidikan pun sama halnya, fasilitias-fasillitas pendidikan sekarang semakin mempermudah setiap orang untuk mendapatkan hak pendidikan yang sama bisa tercapai. Salah satu bentuk penerimaan pajak pada dunia pendidikan antara lain, program Kartu Indonesia Pintar (KIP), dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan program bidik misi. 

Kamu bisa memulai dan mengelola pajak pribadi menggunakan ebupot, dimana yang akan memudahkanmu untuk mengelola dan mengatur pajakmu secara otomatis. Sehingga Kamu tak perlu repot-repot menghitung manual dan mengelolanya.

Jadi dengan membayar pajak, Kamu sudah membantu orang-orang mendapatkan pendidikan yang sama. Selain itu  Kamu berkontribusi untuk maju dan tumbuh kembangnya pendidikan negara.

Pengembangan Transportasi Umum

Jika Kamu tinggal di kota besar, seperti Jakarta. Maka Kamu sudah biasa dengan kemacetan yang terjadi di kota-kota besar. Dan justru tingkat kemacetan setiap tahunnya bertambah, karena bertambahnya pula jumlah kendaraan.

Nah, pemerintah pun mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah kemacetan di kota-kota besar adalah dengan membangun transportasi umum yang baik dan terjangkau masyarakat. Sehingga diharapkan para pengguna kendaraan pribadi berpindah menggunakan transportasi umum.

Nah, biaya untuk pengembangan transportasi umum juga sangatlah besar. Maka, dari pajaklah pemerintah membangun faslitas transportasi umum tersebut untuk kepentingan bersama. Dengan adanya transportasi umum yang baik dan mudah akan memudahkan mobilitasmu. Jadi, tak masalah kan Kamu untuk membayar pajak?

Keamanan dan Ketertiban

Bersyukurlah jika Kamu saat ini tinggal di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang aman dan nyaman. Keamanan dan kenyamaan yang Kamu rasakan hari ini adalah hasil kerja keras dari badan pertahanan Indonesia dalam menjaga Indonesia.

Tahukah Kamu? Bahwa peenerimaan pajak juga digunakan untuk pengadaan kendaraan-kendaraan tempur dalam memodernisasi Alutsista, untuk membangun sarana prasarana pengamanan perbatasan dalam bentuk dermaga, serta melakukan modernisasi untuk pusat komando dari KOHANUDNAS (Komando Pertahanan Udara Nasional).

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar dan sangat luas, maka semua hal pengadaan tersebut wajib dilakukan demi menjaga keamanan negara. Sehingga pihak asing dan terror yang mengacancam negara tidak berani untuk bermacam-macam terhadap negara.

Nah, kira-kira seperti itulah manfaat membayar pajak untuk diri sendiri. Selain memberikan manfaat untuk pribadi dengan membayar pajak, Kamu juga sudah berkontribusi kepada negara untuk membangun negara dan memakmurkan rakyatnya.

Kalau sudah tahu manfaat pajak seperti itu, maka saatnya mulai sekarang, yuk jadilah warga negara yang taat untuk membayar pajak dan berkonribusi untuk negara yang Kita cintai ini!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal