Fitur yang Dipertimbangkan saat Menentukan Perusahaan Data Center di Jakarta

Fitur yang Dipertimbangkan saat Menentukan Perusahaan Data Center di Jakarta

Dalam menjalankan sebuah perusahaan di era digital sekarang ini, semakin dipermudah dengan layanan data center yang dapat diandalkan. Bukan tanpa alasan, pusat data berperan sebagai principal repositories yang mencakup segala kebutuhan infrastruktur IT. Pusat data dan layanan cloud, neuCentrIX, bisa jadi pertimbangan perusahaan data center di Jakarta untuk mendukung efektivitas kebutuhan IT perusahaan.

Tips Memilih Perusahaan Data Center

Untuk memilih layanan pusat data yang tepat sebagai mitra perusahaan, hal yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan dari perusahaan dan juga melihat kehandalan perusahaan dalam menentukan pondasi yang kuat dan struktur yang baik. Berikut ini ada lima fitur yang harus Anda perhatikan dalam memilih perusahaan data center di Jakarta untuk menjawab kebutuhan infrastruktur IT perusahaan:

SDM yang Berkualitas

Sebuah perusahaan data center yang reliable harus memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk membantu pelanggan dalam hal ini, ketika calon pelanggan menemui kendala atau permasalahan, mereka bisa dengan mudah menghubungi tim support yang siap melayani setiap waktu untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dan solutif.

Lokasi

Pertimbangkan lokasi pembangunan pusat data karena berpengaruh pada kemudahan akses dan risiko yang mungkin ditimbulkan. Hal ini juga akan menentukan kualitas konektivitas layanan pusat data kepada setiap pengguna dan perangkat. Sebagai gambaran, membangun koneksi ke penyedia jaringan dengan memperhatikan faktor jarak akan memberi bandwith konsisten untuk kebutuhan pusat data.

Infrastruktur dan Redundansi

Fitur kedua yang harus dipertimbangkan adalah jenis dan infrastruktur server yang digunakan oleh layanan pusat data. Kemudian pertimbangkan juga fasilitas redundansi atau ketersediaan backup power dan tindakan pencegahan berlapis, misalkan terjadi kegagalan atau kehilangan data. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah penyedia layanan pusat data tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

Keandalan dan Keamanan

Fitur keamanan dan keandalan dari penyedia layanan pusat data menjadi hal yang sangat vital. Data center yang andal harus memiliki skor uptime 9 detik yang artinya minimal 99,99% untuk dapat melindungi data perusahaan. Sementara untuk aspek keamanan, Anda harus melihat portofolio, daftar mitra, sertifikasi, masukan pelanggan serta protokol keamanan yang digunakan oleh penyedia layanan pusat data. 

Skalabilitas

Fitur keempat adalah pilih penyedia layanan pusat data yang memiliki skalabilitas atau rencana perluasan dalam jangka waktu terdekat. Hal ini sejalan dengan kebutuhan penyimpanan data yang terus bertambah seiring perkembangan bisnis perusahaan. Jadi, pilih penyedia layanan pusat data yang mampu mengakomodir kebutuhan perusahaan dengan cepat ketika dibutuhkan.

Jaringan

Hal terakhir yang wajib dipertimbangkan adalah fitur jaringan layanan pusat data. Suatu perusahaan tentu mengharapkan pusat data yang dapat memperoleh dan menjaga ketersediaan jaringan berkecepatan tinggi ke berbagai situs. Selain itu, pusat data yang baik harus menggunakan dua atau lebih jaringan redundansi atau backup power sebagai faktor utama dalam menjaga keamanan data.

Selain itu, perlu dipertimbangkan juga apakah perusahaan penyedia data center memiliki road map atau rencana-rencana jangka panjang seperti apa, apakah masih relevan atau tidak bisnisnya di masa depan. Dalam hal ini tidak hanya melihat faktor reliable jangka pendek tapi juga untuk masa depan.

Di Indonesia, neuCentrIX dikenal sebagai salah satu penyedia data center kelas dunia yang dipercaya ratusan mitra bisnis dalam memaksimalkan kebutuhan digital suatu perusahaan. Untuk kebutuhan perusahaan data center di Jakarta, Anda bisa cek website resmi atau langsung konsultasi di kantornya. Lokasi kantor neuCentrIX telah hadir di lebih dari 13 kota besar di Indonesia dengan beragam pilihan layanan terbaik. Selamat bermitra!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal