Mengenal Apa Itu Trademark Indonesia

Mengenal Apa Itu Trademark Indonesia

Informasi tentang trademark indonesia ini semoga dapat menjadi sumber yang bermanfaat bagi kalian semua ya! Apakah kalian tau apa itu trademark? Trademark merupakan sebuah karakteristik atau ciri dari produk yang diimplementasikan ke dalam bentuk kata, frasa, simbol, atau slogan yang memiliki fungsi untuk membedakan dengan produk yang lainnya yang berbeda maupun sejenis.

Apa Itu Trademark Indonesia?

Trademark atau merk dagang merupakan sebuah komponen yang sangat penting bagi bisnis terutama dalam bidang industri. Seperti yang kita ketahui bahwa intensitas persaingan di dunia bisnis sangat tinggi dan ketat. Oleh karena itu perusahaan bisa saja memproduksi jenis produk yang sejenis dengan perusahaan yang berbeda. Akan tetapi jika memiliki trademark dari masing – masing maka akan dapat menunjukkan sebuah identitas sebagai suatu pembeda atau faktor unik dengan produk lainnya.

Arti Trademark

Seperti yang telah disinggung pada paragraf pembuka, trademark atau merk dagang merupakan sebuah karakteristik atau ciri dari produk yang diimplementasikan ke dalam bentuk kata, frasa, simbol, atau slogan yang memiliki fungsi untuk membedakan dengan produk yang lainnya yang berbeda maupun sejenis. Trademark sendiri dapat difungsikan untuk meningkatkan brand awareness sehingga diharapkan produk yang akan ditawarkan akan terlihat berbeda dan menonjol. Jadi akan sangat mudah untuk diingat di mata masyarakat secara umum.

For your information, trademark sendiri itu haruslah didaftarkan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dilakukan agar kemungkinan terburuk seperti digunakan oleh perusahaan lain.

Di negara Indonesia sendiri, trademark sendiri diatur di dalam UU Nomor 15 Tahun 2001. Jangka waktu pemberlakuan merk dagang tersebut biasanya 7 hingga 20 tahun, dan untuk selanjutnya bisa dilakukan perpanjangan. Simbol sebuah trademark ditandai dengan adanya “TM” yang diletakkan pada akhir merk dari produk. Fungsinya adalah sebagai sebuah tanda atau identitas sekaligus pembeda produk dengan produk sejenis lainnya milik orang lain.

Fungsi Trademark Bagi Konsumen

Seperti yang kita ketahui bahwa konsumen merupakan pihak yang membeli dan menggunakan produk yang sudah dikeluarkan oleh pihak produsen. Trademark tidak hanya memiliki fungsi yang penting bagi produsen, akan tetapi juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi sisi konsumen. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak produk yang beredar di kalangan konsumen.

Tentunya hal ini bisa menimbulkan persaingan yang ketat dari sisi produsen, akan tetapi pada sisi konsumen hal ini bisa menimbulkan suatu kebingungan atas berbagai pilihan. Seperti contohnya produk minuman air putih yang memiliki banyak merk di pasaran. Tentunya konsumen akan sangat sulit sekali membedakannya apabila tidak ada suatu merk dagang di botol tersebut.

Walaupun air putih setiap perusahaan memiliki cita rasa yang khas, atau suatu perbedaan, hal ini bukan hal yang berarti jika tidak ada hal pembeda seperti merk. Apabila masyarakat sebagai konsumen akan sangat mudah membedakan dan mengenal produk, maka mereka akan dengan mudah memilih suatu produk.

Pesan bagi kalian para produsen yang ingin membuat trademark dan mendaftarkannya, maka buatlah trademark yang mudah diingat oleh masyarakat. Singkat, padat, jelas, unik, dan menggambarkan produk kalian. Jangan membuat trademark yang bertele – tele sehingga akan sangat susah untuk diingat oleh masyarakat.

Jadi, trademark memiliki peran yang sangat penting bagi para produsen maupun konsumen. Oleh karena itu kalian sebagai para produsen harus benar – benar matang dalam membuatnya.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal