Pentingnya Perpanjangan Merek Dagang

Pentingnya Perpanjangan Merek Dagang

Membangun sebuah usaha atau bisnis terkadang membuat sebagian orang bingung tentang perizinan hingga pendaftaran merek. Hal ini biasanya membuat mereka enggan mengambil langkah besar untuk mendirikan usaha. Padahal semua bisa dilakukan asalkan ada niat dan usaha untuk mewujudkannya.

Pentingnya Pendaftaran dan Perpanjangan Merek https://daftarmerekdagang.com/perpanjangan-merek/

Ada banyak manfaat yang bisa digunakan untuk mengembangkan diri dan menghasilkan sesuatu yang bernilai. Kesalahan dalam memulai bisnis hanyalah menjual barang atau jasa yang penting untuk dijual tanpa memperhitungkan perkembangan bisnis kedepannya. Agar lebih jelas, berikut penjelasan lengkapnya:

Identitas dan Kredibilitas

Identitas suatu item tidak lagi sepele. Produk atau jasa yang anda hasilkan akan lebih mudah dikenali oleh siapapun dan tidak dapat diklaim oleh orang lain. Merek juga dianggap sebagai media pemasaran, nama akan lebih mudah diingat konsumen dan mudah ditemukan pada saat barang/jasa tersebut dibutuhkan.

Perlindungan Badan Hukum

Hal ini sangat dibutuhkan sebagai tameng utama ketika produk atau jasa yang anda jual dan beli mulai banyak menarik perhatian konsumen. Jika tidak ada pendaftaran merek, maka orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan berpeluang besar untuk menjiplak produk dan mengklaim merek Juragan hanya karena tidak ada perlindungan hukum yang kuat.

Jika sudah didaftarkan atau dilakukan perpanjangan merek, maka pihak yang ingin meniru akan mendapat kesulitan dan akan dihukum. Juga akan lebih mudah untuk mengajukan gugatan di pengadilan jika merek tersebut telah terdaftar dan memiliki perwakilan hukum yang kuat.

Banyak Peluang Bisnis

Dengan merek dagang, produk atau jasa nakhoda akan lebih mudah dikenali. Peluang bisnis dengan berkolaborasi akan lebih mudah dilakukan. Pihak kedua membuka peluang besar bagi merek yang memiliki legalitas dan identitas yang kredibel, yang intinya saling menguntungkan di masa depan. Tentu saja bisnis juragan memiliki nilai lebih di mata media partnership.

Mencegah Penggunaan Merek yang Tidak Sah

Hampir sama dengan poin sebelumnya, merek akan melindungi produk atau jasa dari ancaman penggunaan merek tanpa izin. Hal ini biasanya banyak terjadi ketika sebuah brand mengaku bekerja sama dengan brand Juragan meski tidak ada izin tertulis sebelumnya.

Menambah Nilai Perusahaan

Nama dagang selain sebagai kekuatan hukum dan alat promosi, juga digunakan sebagai branding perusahaan. Branding ini akan mampu mengundang banyak investor untuk menanamkan modal tambahan sehingga bisnis juragan akan meroket.

Prosedur Pendaftaran Merek Baru

Pertama, pengguna diharuskan memesan kode billing atau nomor pembayaran di website Simpaki sebelum beralih ke aplikasi Brand. Akses situs langsung ke https://simpaki.dgip.go.id/. Kedua, isi data pada kolom yang tersedia. Ketiga, lakukan pembayaran jika sudah berhasil memesan kode billing.

Keempat, login ke aplikasi Brand dan lakukan proses registrasi/registrasi akun baru menggunakan e-filling terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk ke aplikasi, lanjutkan dengan memasukkan data aplikasi nama dagang, lalu klik kirim data aplikasi online dan data akan di cross check oleh petugas.

Biaya Pendaftaran

Tarif Pelaku UMKM: Media berbasis online dikenakan biaya 500 ribu rupiah, sedangkan offline 600 ribu rupiah. Tarif untuk Pengusaha Umum: Media berbasis online dikenakan biaya Rp. 1.800.000, sedangkan offline Rp. 2.000.000.

Tarif pembaharuan merek yang masih dalam masa perlindungan merek 6 bulan sebelum masa berlaku habis adalah Rp5.000.000. Tarif pembaharuan merek yang masih dalam masa perlindungan merek 6 bulan setelah berakhirnya masa berlaku adalah Rp. 6.000.000.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal