Mengenal Nama Kopi Asli Indonesia

Mengenal Nama Kopi Asli Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tidak heran jika Indonesia memiliki berbagai nama kopi https://patendo.com/nama-kopi/ dengan cita rasa, karakteristik, dan cara pengolahan yang berbeda. Setiap daerah yang terletak di Indonesia memiliki cita rasa kopi yang beragam. Maka dari itu, sebagai bentuk dukungan akan produk dalam negeri, Anda perlu mengenal lebih dalam mengenai berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia. Artikel ini akan membagikan informasi untuk Anda mengenai nama dan jenis kopi yang ada di Indonesia.

Nama Kopi Asli Indonesia

Pada dasarnya terdapat berbagai jenis kopi baik kopi yang terkenal di dunia ataupun kopi yang berasal asli dari Indonesia. Berikut ini adalah beberapa kopi yang berasal asli dari Indonesia

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari bagian paling barat di Indonesia. Kopi ini ditanam di Gayo, Aceh. Perkebunan ini terletak di bukit sekitar Kota Takengon yang dekat dengan Danau Tawar. Kopi Gayo ini memiliki aroma yang tajam dan tidak meninggalkan rasa pahit di lidah. Kopi ini merupakan jenis kopi yang tidak terlalu pekat dan memiliki tingkat keasaman yang seimbang.

Secara tradisional, kopi ini tidak disajikan dengan cara diseduh, melainkan dengan cara direbus bersama dengan air di dalam panci hingga mendidih. Kopi ini disajikan dengan campuran gula dan susu.

2. Kopi Bali Kintamani

Kintamani adalah daerah utama sebagai penghasil kopi di daerah Bali. Kintamani ini terletak di Kabupaten Bangli. Kopi Kintamani ini memiliki aroma yang eksotis dengan cita rasa segar yang berasal dari asam seperti jeruk. Tekstur kopi ini cukup ringan sehingga tidak meninggalkan rasa pahit yang pekat setelah meminumnya. Kopi kintamani menjadi salah satu kopi yang cukup populer di beberapa negara, yaitu Arab, Eropa, dan Jepang. Tiga negara tersebut memang dijadikan sebagai tujuan utama ekspor kopi kintamani.

Sistem pertanian yang digunakan oleh petani kopi di Kintamani ini adalah subak abian. Subak abian ini didasarkan pada filosofi agama Hindu yaitu Tri Hita Karana. Filosofi ini memiliki arti bahwa dalam alam terdapat keharmonisan sehingga kopi ini tidak diproses dengan agrokimia sehingga kopi yang dihasilkan berupa kopi organik.

3. Kopi Papua Wamena

Budi daya kopi ini dilakukan di daerah sekitar perkebunan di sepanjang lembah Baliem yang terletak di sebelah Timur Gunung Jayawijaya. Kopi ini memiliki aroma khas dengan sensasi bunga yang harum. Kopi Papua Wamena ini memiliki tingkat adiksi yang cukup rendah sehingga tidak menyebabkan sakit pada lambung bagi orang yang baru pertama mengonsumsi kopi.

Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa daerah penghasil kopi yang cukup besar. Salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia adalah Sumatera Selatan. Sumatera Selatan memiliki tanah yang bagus untuk menanam kopi. Penanaman kopi di Sumatera Selatan ini dilakukan di Pagar Alam, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, dan Ogan Komering Ulu. Luas lahan yang digunakan untuk penanaman kopi adalah 263.339 hektare. Sebagian besar sumber penghasil kopi berasal dari perkebunan yang dimiliki oleh rakyat. Anda dapat menemukan berbagai jenis kopi di Sumatera Selatan. Namun, sebagian besar jenis kopi yang dihasilkan adalah kopi robusta dengan kisaran 70 persen.

Demikian informasi mengenai nama kopi asli Indonesia. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengenal lebih dalam terkait kopi yang berasal asli dari Indonesia dan membantu Anda dalam memilih kopi yang sesuai dengan selera Anda. 

Artikel Terkait