Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise Minuman

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise Minuman

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis, bisnis franchise minuman patendo bisa menjadi salah satu pilihan bagus untukmu. Belum lagi melihat banyaknya bisnis minuman kekinian yang sedang menjadi tren di Indonesia belakangan ini. Misalnya kopi susu, thai tea, boba milk tea, minuman dengan campuran brown sugar, atau yang lainnya.

Dalam sistem franchise, pemilik bisnis tidak memerlukan modal besar dalam mengembangkan bisnisnya tersebut. Modal usaha akan ditanggung oleh para investor. Hal tersebutlah yang biasanya membuat banyak orang tertarik untuk ikut membuka bisnis franchise. Belum lagi jika mendengar cerita dari berbagai pihak yang telah sukses dan mendapat banyak keuntungan dari bisnis franchise.

Baca Juga : 

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise Minuman

Bagi kamu yang hendak memulai bisnis waralaba minuman, pastikan untuk mengetahui beberapa kelebihan maupun kekurangannya sebelum memulai menjalankan bisnis ini. Hal ini pastinya bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang hendak memulai bisnis. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena tidak memperhatikan kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Waralaba Minuman

Berikut ini beberapa kelebihan dalam menjalankan bisnis waralaba minuman.

1. Bisa Memulai Bisnis dengan Cepat

Dengan memilih bisnis franchise, kamu tidak perlu repot-repot dalam membuat proposal bisnis, apalagi merancang strategi marketing. Biasanya kamu hanya perlu menyiapkan tempat dan semua kebutuhan yang berkaitan dengan bisnis akan disediakan oleh pihak waralaba.

Franchisors atau pemilik lisensi bisnis waralaba biasanya akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra yang akan bergabung sebelum memulai usaha. Pelatihan ini biasanya berkaitan dengan keuangan, marketing, sampai operasional bisnis. Franchisor biasanya juga akan memberi tahu mengenai kiat-kiat agar kamu bisa sukses dalam menjalankan bisnis tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir.

2. Memiliki Partner Profesional

Keuntungan berikutnya adalah manajemen bisnis sudah terbentuk dan biasanya telah berjalan dengan baik. Kamu tidak perlu lagi memikirkan ide bisnis, branding, atau sistem bisnis karena hal-hal tersebut sudah teruji sehingga kamu hanya perlu mengimplementasikannya saja di lokasi yang baru.

Kamu pastinya akan mendapatkan dukungan penuh dari franchisors serta mendapatkan pelatihan khusus agar bisa menjalankan dan mengelola bisnis dengan baik. Tidak hanya dukungan penuh, kamu juga akan mendapatkan fasilitas tertentu yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis franchise tersebut. Selain itu, kamu tidak perlu melakukan branding dari produk yang kamu pasarkan karena biasanya masyarakat sudah mengenal produk yang akan kamu jual tersebut.

3. Bisa Menjalankan Bisnis dengan Mudah

Bisnis waralaba minuman yang kamu kelola secara otomatis akan memengaruhi perkembangan bisnis franchisors sehingga pihak pewaralaba pastinya akan memberikan kamu bekal yang cukup untuk menjalankan bisnis. Pelatihan khusus, sistem manajemen yang teruji, bahkan sistem finansial akan diberikan kepadamu.

Sebagai mitra, kamu pastinya tidak perlu memikirkan hal-hal tersebut karena kamu tinggal mengikuti sistem dan manajemen yang sudah ada. Kamu tidak perlu khawatir dan repot memikirkan sistem dan manajemen dari awal seperti memulai usaha sendiri.

4. Tingkat Keberhasilan Tinggi

Saat menjalankan sebuah bisnis, pastinya ada risiko-risiko tertentu yang bisa saja terjadi dalam usaha yang kamu jalankan. Risiko-risiko tersebut biasanya berpotensi menjatuhkan bisnis yang kamu jalankan.

Akan tetapi, dalam menjalankan bisnis franchise atau waralaba ini kamu tidak perlu banyak khawatir. Berbagai dukungan sistem, manajerial, bahkan brand yang sudah dikenal masyarakat akan mengurangi risiko kerugian atau jatuhnya usaha yang kamu jalani.

Kekurangan Waralaba Minuman

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari bisnis waralaba minuman, kamu juga perlu mengetahui beberapa kekurangan dalam menjalankan bisnis waralaba minuman. Berikut ini beberapa kekurangan dari bisnis waralaba minuman.

1. Kendali Penuh dari Franchisors

Dalam menjalankan bisnis waralaba, franchisors memiliki kendali penuh terhadap bisnis tersebut. Apabila kamu memiliki inovasi atau perubahan tertentu terhadap bisnis, kemungkinan terjadinya hal tersebut sangatlah kecil. Hal tersebut dikarenakan pemilik brand biasanya sudah memiliki ketentuan sendiri terhadap produk yang dijualnya dan sulit untuk diubah.

2. Bahan Baku Produk dari Supplier Tunggal

Dalam menjalani bisnis, kamu biasanya akan mencari supplier bahan baku yang menawarkan harga terjangkau namun tetap memberikan kualitas baik. Akan tetapi, dalam bisnis waralaba, kamu tidak bisa mencari supplier sendiri karena pihak perusahaan sudah menentukan supplier melalui kontrak usaha.

Sekalipun ada supplier yang menawarkan bahan baku dengan kualitas sama atau bahkan lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau, kamu tidak akan bisa melakukan apapun.

3. Reputasi Bisnis yang Mudah Terpengaruh

Dalam bisnis waralaba, apabila terdapat hal buruk pada salah satu mitra, maka reputasi bisnis franchise tersebut akan berimbas pada bisnis dan mitra lainnya. Hal ini terjadi karena brand yang digunakan adalah sama sehingga pengaruhnya cukup besar. Tidak hanya penurunan reputasi brand atau usaha, omzet bisnis pun bisa terpengaruh, bahkan mengalami penurunan.

4. Pembagian Keuntungan

Karena sistem mitra yang dijalankan, kamu pastinya perlu membayarkan sebagian dari keuntungan yang didapat dari bisnis franchise yang kamu jalankan tersebut. Hal ini pastinya merugikan kamu karena kamu akan kehilangan beberapa persen dari total keuntungan yang sebelumnya didapatkan.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu membayarkan biaya kemitraan kepada pemilik brand atau franchisors. Namun perlu diingat, tidak semua brand franchise menerapkan sistem bagi hasil ini sehingga akan lebih baik jika kamu menanyakannya terlebih dahulu agar semuanya jelas.

Begitu tadi penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari bisnis franchise minuman. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, bagaimana pendapatmu? Apakah kamu akan tetap memilih untuk membuka bisnis franchise? Jika belum yakin, yakinkan terlebih dahulu dirimu sebelum membuka usaha waralaba minuman. Pastikan kamu paham betul akan kelebihan dan kekurangannya.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal