Peluang Bisnis Sukses, Apa Saja Keuntungan Bisnis Aqiqah?

Peluang Bisnis Sukses, Apa Saja Keuntungan Bisnis Aqiqah?

Aqiqah adalah prosesi dalam syariat Islam yang dilakukan dengan melakukan kurban hewan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran bayi. Kini bisnis aqiqah patendo semakin marak dilakukan, namun apa saja keuntungan atau kelebihan dari bisnis tersebut?

Aqiqah sendiri biasanya dilakukan saat bayi yang baru lahir berumur 7 hari, namun ada juga yang memperbolehkan sebelum atau sesudahnya. Namun terlepas dari perbedaan waktu. aqiqah tetap menjadi agenda wajib yang dilakukan saat ada kelahiran seorang bayi.

Apakah Bisnis Aqiqah Menguntungkan?

Berikut beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menjalankan bisnis untuk aqiqah. Namun ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan, misalkan persoalan daerah dan sasaran pasar, yuk simak informasi lengkapnya disini!

1. Peluang Bisnis Kambing Aqiqah di Perkotaan

Anda perlu tahu jika peluang ternak kambing aqiqah memiliki peluang yang cukup besar, terutama di daerah-daerah perkotaan. Oleh karena itu, jika anda berada di daerah perkotaan pasti akan sering menemukan iklan atau spanduk penawaran jasa aqiqah.

Bisnis ini bahkan mendatangkan peluang keuntungan setiap bulan, karena prosesi ini adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh orang Islam. Oleh karena itu, bisnis ini sudah pasti memiliki sasaran pasar dan pelanggan atau konsumen yang pasti.

Biasanya, bisnis kambing aqiqah ini akan menjadi satu paket dengan bisnis hewan kurban, seperti sapi kurban, domba kurban, kambing kurban, jasa hajatan, dan bisnis lain yang berhubungan dengan peternakan kambing.

Di perkotaan, orang tidak memiliki lahan untuk ternak hewan, orang juga sibuk dengan pekerjaannya, sehingga persoalan aqiqah pasti mencari jasa untuk mengurusnya. Orang di kota cenderung ingin melakukan sesuatu yang lebih simple dan tidak repot.

2. Besaran Peluang Keuntungan

Untuk menjalankan bisnis kambing aqiqah, tentu ada perhitungan modal dan peluang keuntungan yang harus anda hitung dengan cermat sebelum memulai bisnis tersebut. Anda juga harus memikirkan detail-detail kecil yang berhubungan dengan operasional.

Misalkan dari mana bibit kambing akan didapatkan, jenis kambingnya, harga bibit kambing, dan peluang harga jual dari jenis kambing tersebut. Jika ingin memulai bisnis dari awal, lebih baik membeli bibit kambing yang masih kecil atau usia anak-anak.

Anda juga harus memikirkan kandang untuk kambing, pakan dan vitamin, serta biaya pemeliharaan kesehatan kambing. Jangan lupa juga pikirkan upah karyawan yang akan mengurus kambing tersebut, dan karyawan lain untuk urusan pemasaran, administrasi, dan lainnya.

Jika anda melakukan perhitungan dengan cermat, maka anda akan mendapatkan keuntungan dengan memaksimalkan beberapa aspek yang disebutkan di atas. Namun perhitungkan juga kerugian akibat kematian kambing, pakan yang tidak sesuai, dan lainnya.

3. Peluang Catering Aqiqah

Biasanya, bisnis kambing aqiqah sudah satu paket dengan bisnis catering aqiqah. Bisnis ini juga memiliki peluang yang cukup besar, terutama di daerah perkotaan, dimana konsumen ingin membuat suatu acara dengan lebih praktis dan simple.

Untuk memberikan layanan yang maksimal bagi pelanggan, anda bisa menggabungkan bisnis kambing dan catering ini menjadi satu kesatuan. Mulai dari proses pemilihan kambing, pengolahan kambing, pilihan paket penyajian, hingga pengantaran.

Dengan penawaran layanan tersebut, pelanggan akan menyerahkan keseluruhan persoalan aqiqah ini kepada jasa yang anda tawarkan. Jika kualitas yang anda berikan bisa maksimal, tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis anda.

Itulah beberapa peluang keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menjalankan bisnis aqiqah dengan baik dan maksimal. Tentu untuk membentuk kepercayaan pelanggan, anda juga harus memastikan semua proses yang dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Artikel Terkait