Candi Borobudur Berada di Mana? Berikut Lokasi dan Cara Menuju ke Destinasi Ini

Candi Borobudur Berada di Mana? Berikut Lokasi dan Cara Menuju ke Destinasi Ini

Mengunjungi Candi Borobudur di Indonesia adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Candi terbesar di negara ini bahkan menjadi warisan budaya UNESCO. Banyak wisatawan yang datang untuk mengunjunginya. Namun, Candi Borobudur berada di mana?

Candi satu ini sering sekali dikatakan di Yogyakarta, padahal sebenarnya lokasi tepatnya ada di Jawa Tengah. Nah, untuk tahu di mana lokasi tepatnya, berikut adalah detail alamat dan cara untuk menuju ke Candi Borobodur.

Lokasi dan Cara untuk Menuju Borobodur

Lokasi Candi Borobudur berada di Lembah Kedu, di bagian selatan Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi tepatnya di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur terletak di antara dua gunung berapi kembar, Sundoro-Sumbing dan Merbabu-Merapi, serta dua sungai Progo dan Elo di Pulau Jawa.

Kawasan ini dijuluki “Taman Jawa” dan dikenal sebagai tempat keramat. Ada tiga candi Budha di kawasan ini, Borobudur, Pawon, dan Mendut, semuanya diposisikan dalam satu garis lurus.

Borobudur hanya berjarak satu jam perjalanan dari Yogyakarta. Cara termudah untuk sampai ke sana adalah dengan mengikuti tur atau menyewa mobil atau taksi. Sesampai di sana mudah untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.

Cara termurah tapi paling tidak nyaman adalah naik bus umum, yakni dengan berangkat dari terminal Jombor di utara Yogyakarta, dengan lama perjalanan 90 menit.

Sejarah Candi Borobodur

Candi Borobodur pernah menjadi pusat kehidupan Buddha di Indonesia sampai sekitar abad ke-14. Bangunan ini secara misterius tidak ditemukan sampai tahun 1814 dan terkubur di bawah tumpukan abu vulkanik.

Entah bagaimana candi besar ini ditelan oleh pepohonan dan tanaman merambat di hutan dan tersembunyi dari mata manusia. Namun kemudian candi ini ditemukan dan menjadi sebuah bangunan megah abada ini.

Pengaruh India terlihat jelas dalam arsitektur Gupta, meskipun menggabungkan banyak elemen dan desain Indonesia yang unik.

Monumen ini dihiasi dengan 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief yang menggambarkan kehidupan Buddha sehari-hari selama tinggal di Jawa. Candi ini memiliki stupa utama yang besar.

Pada tahun 1970-an, proyek restorasi besar-besaran dilakukan dan mulai mengembalikan candi kuno ke kejayaannya dan menjadikannya salah satu harta paling berharga di dunia.

Pemugaran memakan biaya dua puluh lima juta dolar, mendapat dukungan dari UNESCO dan para profesional dari 27 negara. Pemugaran membutuhkan waktu delapan tahun untuk menyelesaikannya.

Lebih dari satu juta batu dipindahkan dan disisihkan untuk diidentifikasi, dikatalogkan, dibersihkan dan dirawat untuk dikembalikan ke tempatnya. Restorasi dan pelestarian berlanjut melalui metode tradisional Jawa untuk memperbaiki dan mengganti banyak patung yang rusak, termasuk lebih dari beberapa  patung Buddha tanpa kepala.

Borobudur adalah situs UNESCO yang dilindungi dan memiliki pesona yang sama dengan keindahan Pulau Komodo. Jika Anda sedang di Jawa Tengah, jangan lupa kunjungilah Candi Borobodur ini!

Artikel Terkait