Mengenal Definisi dan Jenis-jenis Usaha Cuci Mobil

Mengenal Definisi dan Jenis-jenis Usaha Cuci Mobil

Tidak melulu soal bisnis kuliner yang memiliki keuntungan menjanjikan, bisnis usaha cuci mobil patendo juga ternyata menawarkan keuntungan yang menggiurkan bagi para pelaku bisnisnya. Terlebih saat ini jasa pencucian mobil di wilayah kota-kota besar hingga pinggiran kota semakin berkembang pesat. Bahkan untuk target pasarnya sendiri juga cukup luas mengingat tak sedikit orang yang sering kali datang ke tempat cuci mobil untuk melakukan perawatan kendaraannya.

Bagi Anda yang mungkin ada rencana membuka bisnis cuci mobil, ada baiknya untuk tahu seluk beluk bisnis tersebut. Baik itu dari mulai definisi dan juga jenis – jenis cuci mobil yang ditawarkan sebagai bahan pertimbangan memulai usaha.

Sekilas Tentang Bisnis Cuci Mobil

Pada dasarnya, bisnis cuci mobil atau dikenal dengan istilah bisnis car wash merupakan sebuah kegiatan usaha yang dilakukan sekelompok orang dengan memberikan pelayanan pencucian mobil atau kendaraan lain untuk mendapatkan penghasilan. Dalam memulai bisnis cuci mobil biasanya seorang pelaku usaha memerlukan berbagai peralatan pendukung yang menunjang kelancaran bisnis ini. Adapun peralatan yang dibutuhkan juga sangat bervariasi tergantung dari jenis bisnis cuci mobil itu sendiri.

Bisa dikatakan, bahwa bisnis cuci mobil menjadi salah satu dari sekian banyaknya bisnis yang menjanjikan di pasaran dan memiliki peluang usaha yang bagus di masa depan. Bahkan meskipun bisnis ini memiliki persaingan yang cukup tinggi, akan tetapi jika Anda dapat mengelola bisnis tersebut dengan baik dan profesional, maka hal ini akan menjadikan nilai tambahan di mata para pelanggan nantinya.

Jenis-jenis Usaha Cuci Mobil

Mungkin sebagian orang hanya mengetahui bahwa bisnis cuci mobil hanya terdapat satu jenis usaha saja yang mana hanya berfokus pada pencucian mobil maupun kendaraan lain. Akan tetapi, siapa sangka jika bisnis ini memiliki 4 jenis pencucian mobil yang tidak banyak orang tahu. Beberapa jenis bisnis cuci mobil tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Cuci Mobil Hidrolik

Merupakan bisnis cuci mobil yang hadir dengan memanfaatkan sebuah mesin uap dengan suhu yang dimiliki oleh air yakni antara 60 derajat celcius sampai 80 derajat celcius. Keuntungan menggunakan mesin hidrolik yakni akan memudahkan para pegawai dalam membersihkan bagian bawah mobil lantaran mesin dapat mengangkat mobil hingga ketinggian tertentu. Jenis bisnis cuci mobil ini umumnya paling banyak ditemukan di pasaran.

2. Cuci Mobil Otomatis

Selanjutnya ada jenis cuci mobil otomatis yang mana membutuhkan modal usaha yang sedikit lebih mahal. Dalam membersihkan mobil, mesin akan membersihkan kendaraan secara maksimal dari mulai menyemprotkan air, menyemprotkan sabun, menggosok sampai dengan mengeringkan mobil. Meskipun tarifnya tidak begitu murah, akan tetapi kualitas pembersihan mobil tetap terjamin.

3. Cuci Mobil Manual

Mengenai jenis bisnis cuci mobil manual ini seseorang hanya perlu menyediakan sebuah mesin pompa bertekanan tinggi untuk menyemprotkan air dalam proses pencucian kendaraan. Adapun proses pencuciannya akan dilakukan menggunakan tenaga manusia dengan waktu kurang lebih 30 menit untuk satu mobil. Kelebihan dari jenis bisnis ini yakni lokasinya yang terbilang cukup strategis yakni di dekat parkiran mall, dekat komplek perumahan dan lain-lain.

4. Cuci Mobil Manual Tanjakan

Terakhir ada jenis bisnis cuci mobil manual tanjakan yang mana sistem pencuciannya masih terbilang manual dan ditambah dengan fasilitas penempatan mobil ketika dicuci yakni berada di tanjakan. Dengan menggunakan sistem pencucian mobil seperti ini, maka bagian kolong mobil akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Dari informasi mengenai pengertian dan jenis-jenis usaha cuci mobil di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis cuci mobil yang mana sesuai dengan keinginan. 

Artikel Terkait