Pengertian Bisnis Franchise dan Keuntungannya!

Pengertian Bisnis Franchise dan Keuntungannya!

Banyak cara atau skema yang bisa dilakukan untuk memulai suatu bisnis atau usaha. Salah satu cara yang tengah populer di Indonesia adalah melalui bisnis franchise patendo yang merupakan jenis skema bisnis waralaba. Namun apa pengertian lengkap dari franchise dan apa saja keuntungannya?

Ini Dia Pengertian Bisnis Franchise!

Berdasarkan Permendag No.71 Tahun 2019, franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dapat dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis yang sudah memiliki ciri khas usaha, tujuannya untuk memasarkan barang atau jasa yang sudah terbukti berhasil.

Franchise dapat dimanfaatkan dan atau digunakan oleh pihak lain (yang bersangkutan) berdasarkan perjanjian waralaba yang sudah dilakukan oleh kedua pihak sebelumnya. Pada intinya, franchise adalah usaha atau bisnis yang didasari atas kesepakatan bersama.

Kesepakatan tersebut meliputi kewajiban untuk mengelola dan menjalankan segala aspek yang ada pada bisnis waralaba atau franchise tersebut, termasuk dalam hal promosi produk atau jasa, dan operasionalnya, semuanya sudah ditentukan oleh pihak pertama atau franchisor.

Pihak pertama dalam franchise adalah pemilik merek dagang, produk, atau usaha. Sedangkan pihak keduanya adalah yang mendapatkan izin untuk menggunakan merek, produk, dan sistem operasional seperti yang dilakukan pihak pertama, dengan kesepakatan yang disetujui bersama.

Baca Juga : 

Apa Saja Keuntungan Bisnis Waralaba atau Franchise?

Tujuan dari bisnis tentu untuk mendapatkan keuntungan, begitupun pada franchise. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika anda bergabung dengan bisnis waralaba atau franchise.

1. Perkembangan Bisnis Relatif Lebih Cepat

Franchise bisa menjadi langkah awal bagi anda yang ingin mulai menjadi seorang pengusaha. Dengan franchise, anda tidak perlu memikirkan skema usaha dari nol, hanya melanjutkan skema yang sudah dilakukan oleh pemilih bisnis atau franchisor.

Anda hanya perlu melakukan sesuai dengan operasional dan prosedur awal, tidak perlu menyiapkan produk dan membuat rencana untuk meningkatkan valuasi bisnis waralaba, dan biasanya hanya diminta untuk menyiapkan tempat saja.

2. Tidak Memusingkan Branding

Branding bertujuan untuk membentuk brand atau ‘nama’ usaha agar memiliki kesan dan mudah dikenali oleh calon konsumen. Jika anda bergabung dengan franchise, anda hanya memiliki peran minimal dalam branding maupun promosi. 

Bisnis waralaba biasanya sudah memiliki branding tersendiri dalam masyarakat. Oleh karena itu, anda hanya berperan melanjutkan, menjaga, dan mengembangkan brand yang sudah dibentuk oleh pihak pertama sebelumnya.

3. Relasi Bisnis Profesional

Ketika menjalankan franchise, maka secara otomatis perusahaan atau bisnis induk dari franchise tersebut akan menjadi relasi atau rekan bisnis anda. Bersama rekan bisnis yang profesional, fasilitas yang diperlukan untuk pengembangan usaha sudah disiapkan.

Dengan begitu, anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperhatikan dan mempelajari aspek-aspek usaha yang penting. Dengan begitu, anda akan memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai bisnis, untuk bekal saat menjadi pengusaha nantinya.

4. Mendapatkan Ilmu Tentang Bisnis

Dengan menjadi franchise, anda juga bisa mendapatkan pembelajaran bisnis, seperti aspek-aspek bisnis dan strategi yang tepat dalam melakukan bisnis. Anda bisa belajar mengenai cara promosi, pemasaran, pembentukan sistem operasional dan prosedur, pengelolaan uang, dan lainnya.

Pengetahuan yang anda dapatkan sangat berguna untuk pengembangan bisnis lanjutan yang akan anda tekuni di kemudian hari.

Itulah pengertian dan keuntungan bisnis franchise yang kini tengah ramai di Indonesia. Sebelum terjun menjadi mitra franchise, anda harus teliti dalam mencari informasi mengenai pihak franchisor, bagaimana sistem bagi hasil, dan persyaratan lain terkait dengan kerjasama.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal