Rekomendasi Daerah Berpeluang Besar untuk Bisnis Kos Kosan!

Rekomendasi Daerah Berpeluang Besar untuk Bisnis Kos Kosan!

Kos kosan adalah jasa yang menawarkan suatu kamar atau tempat untuk ditinggali dalam waktu tertentu, dengan sejumlah pembayaran. Bisnis kos kosan patendo bisa menjadi usaha yang menjanjikan, namun daerah mana saja yang berpeluang besar untuk bisnis indekos?

Menentukan daerah adalah salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Kondisi daerah akan menentukan bagaimana tingkat peluang dari bisnis indekos tersebut. Misalkan di daerah yang berada di area dekat kampus, atau daerah dengan banyak lapangan pekerjaan.

Bisnis Kos Kosan Sukses di Daerah Berikut!

Dengan mempertimbangkan beberapa alasan tersebut, berikut adalah beberapa daerah atau kota di Indonesia yang memiliki peluang besar untuk suksesnya bisnis indekos. Yuk simak, barangkali daerah anda menjadi salah satunya!

1. Yogyakarta

Dengan predikatnya sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta tentu menempati posisi pertama. Kota ini adalah ‘surganya’ para mahasiswa, tidak hanya dari daerah Jawa, bahkan dari seluruh Indonesia dan beberapa kampusnya memiliki mahasiswa mancanegara.

Beberapa universitas terbaik di Indonesia berada di kota ini, mulai dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, dan universitas unggulan lainnya.

Hal itu membuat bisnis indekos di kota ini tidak pernah surut, bahkan bisa menjadi penghasilan utama masyarakat, terutama untuk jaminan saat masa tua. Setiap tahun selalu ada mahasiswa baru yang mencari kos di Yogyakarta, terutama daerah dekat kampus.

2. Malang

Mirip dengan Yogyakarta, keberadaan berbagai universitas terbaik di Malang membuat kota ini menjadi tujuan para mahasiswa di Indonesia. Mulai dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, dan lainnya.

Oleh karena itu, bisnis indekos di kota Malang juga bisa menjadi bisnis dan investasi yang cukup menjanjikan. Terutama daerah di sekitar Watugong, Dinoyo, Jalan Soekarno-Hatta, Blimbing, dan Sigura Gura.

3. Solo

Dekat dengan Yogyakarta, di Solo juga terdapat beberapa perguruan tinggi unggulan. Misalkan Universitas Sebelas Maret, IAIN Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan lainnya.

Beberapa daerah yang strategis untuk bisnis kos-kosan di Solo antara lain, di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Mojo, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Mendungan.

4. Bandung Raya

Banyak yang menyebut Bandung sebagai Jogjanya Jawa Barat, karena ada banyak kesamaan antara dua daerah tersebut. Termasuk dalam hal daya tarik bagi para mahasiswa yang ingin berkuliah di kampus-kampus terbaik di Indonesia.

Beberapa daerah di Bandung yang memiliki peluang besar untuk bisnis indekos antara lain, di sekitar Jalan Dipati Ukur, Dago, Ciumbuleuit, Bojongsoang, dan Jatinangor. Karena di daerah-daerah tersebut banyak perguruan tinggi terkenal di Indonesia.

Seperti Universitas Padjajaran, Universitas Parahyangan, Universitas Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Maranata, dan lain sebagainya.

5. Makassar

Beralih dari Pulau Jawa, Makassar juga menjadi daerah yang dipadati banyak mahasiswa, terutama dari Indonesia Bagian Timur. Oleh karena itu, bisnis indekos di daerah Makassar juga dinilai cukup menjanjikan, terutama di daerah Universitas Hasanudin.

Beberapa daerah yang terkenal menjadi tempat kos mahasiswa Unhas dan perguruan tinggi lainnya seperti, di sekitar Jalan Poros Wesabbe, Tamalanrea Raya, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Anda bisa membeli lahan atau bangunan untuk indekos di daerah tersebut.

Sebenarnya masih banyak kota atau daerah di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk bisnis Kos Kosan. Seperti Medan, Padang, Jakarta, Depok, Semarang, dan lain sebagainya. Jika anda tertarik, beberapa daerah tersebut mungkin bisa menjadi referensi untuk anda.

Artikel Terkait