Usaha Modal Kecil: Pengertian, Kriteria, dan Tips Mengembangkannya

Usaha Modal Kecil: Pengertian, Kriteria, dan Tips Mengembangkannya

Usaha modal kecil patendo dengan keuntungan yang besar seringkali membuat banyak orang tertarik untuk terjun langsung ke dalamnya. Namun, banyak juga yang masih ragu dan memiliki kendala karena beberapa hal.

Padahal di era digital seperti sekarang ini, memulai usaha dengan modal kecil bukanlah suatu kendala besar lagi. Banyak juga usaha kecil yang meraup keuntungan besar dan cocok sekali bagi pemula dan pengusaha rumahan.

Beberapa waktu belakangan ini juga, usaha dengan modal kecil ini cukup diminati oleh banyak milenial dan gen Z. Maka dari itu, persaingan di dunia usaha ini juga tidak mudah, apalagi tren dan kebutuhan konsumen yang selalu berkembang.

Pengertian Usaha Modal Kecil

Usaha dengan modal kecil-kecilan adalah jenis usaha yang biasanya memiliki pekerja tidak lebih dari 50 orang. Biasanya bentuk dari usaha kecil ini juga dilakukan oleh perseorangan dan bukan oleh suatu badan usaha atau organisasi yang besar.

Selain itu, pengertian usaha kecil-kecilan ini menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 adalah jenis usaha yang memiliki keuntungan bersih tidak lebih dari Rp200.000.000. Tidak termasuk tanah dan bangunan, serta penjualannya paling banyak Rp 1.000.000.000.

Usaha kecil ini juga hanya dimiliki oleh satu pemilik tunggal yang bebas mengatur jalannya usaha. Ia dapat mengatur segalanya secara mandiri dan berhak mengambil keputusan-keputusan dalam usahanya.

Usaha dengan modal kecil ini umumnya mencakup pada usaha dagang pada skala satu bisnis kecil. Modalnya pun tidak terlalu besar, dan biasanya hanya berasal dari satu orang saja.

Hal tersebutlah yang menyebabkan usaha dengan modal kecil ini berpeluang bebas. Selain itu, usaha ini berpeluang berkembang secara pesat, dan tidak memiliki batasan apapun saat mendirikannya.

Selain itu, seluruh keuntungan yang didapatkan oleh usahanya juga menjadi milik pelaku usaha tersebut juga. Namun tentu saja, semua tanggung jawab, hutan, dan kewajiban usaha lainnya menjadi beban bagi pemiliknya sendiri.

Kriteria Usaha Dengan Modal Kecil

Berikut adalah beberapa kriteria usaha dengan modal kecil.

  • Memiliki modal yang minim atau bahkan tidak dimulai dengan modal.
  • Cocok bagi pengusaha pemula dan tidak memiliki keahlian khusus.
  • Tidak membutuhkan banyak pegawai.
  • Tidak harus memiliki badan usaha dan organisasi yang besar.
  • Tidak selalu memiliki tempat permanen seperti toko atau ruko.
  • Biasanya terbebas dari pajak, jika tidak memiliki bangunan ruko.

Tips Mengembangkan Usaha Dengan Modal Kecil Secara Cepat

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan usaha dengan modal kecil milik Anda agar dapat berkembang pesat.

  1. Tentukan jenis usaha dengan modal kecil yang cocok dengan diri Anda, agar tidak merasa terlalu keberatan saat menjalankannya.
  2. Melakukan riset pasar sebelum memulainya, hal ini membantu Anda untuk menemukan peluang bisnis, mengetahui kompetitor, dan juga menganalisis keunggulan bisnis Anda sendiri.
  3. Mengalokasikan modal secara tepat, hal ini bertujuan agar modal kecil yang digunakan dapat digunakan secara efektif dan efisien.
  4. Memanfaatkan beberapa peralatan yang dimiliki dahulu, dan tidak membeli yang baru jika masih bisa digunakan. 
  5. Memilih lokasi yang tepat dan strategis agar usaha Anda ramai dan cepat berkembang. Anda juga memanfaatkan bagian rumah seperti halaman ataupun garasi.
  6. Memanfaatkan sosial media sebagai sarana pemasaran, iklan dan promosi, serta bertransaksi dengan konsumen-konsumen.
  7. Menggunakan modal secara bijak dengan tidak membeli barang yang tidak perlu, dan membuat rencana anggaran belanja secara terperinci agar tidak salah dalam mengalokasikan anggaran.
  8. Mencoba melibatkan orang terdekat dalam usaha karena biasanya tidak akan menuntut terlalu banyak. Setelah usaha berkembang, Anda bisa mulai merekrut karyawan.
  9. Manfaatkan dan gunakan waktu secara tepat. Sama seperti peribahasa waktu adalah uang, di mana jika Anda tidak memiliki time management yang baik, bisa saja Anda akan merugi.
  10. Selalu lakukan inovasi produk, inovasi proses, dan juga inovasi pemasaran untuk usaha Anda.

Demikian informasi mengenai usaha modal kecil: pengertian, kriteria, dan tips mengembangkannya. Jadi, apakah Anda sudah yakin untuk memulai usaha ini dan siap memperoleh keuntungan yang besar?

Artikel Terkait