Begini Persyaratan Konsultan HKI

Begini Persyaratan Konsultan HKI

Konsultan HKI adalah orang yang ahli di bidang HKI dan terdaftar sebagai konsultan, serta memberikan jasa pengelolaan permohonan kekayaan intelektual. Konsultan Hak Kekayaan Intelektual diatur lebih lanjut dalam PP No. 2 Tahun 2005.

Persyaratan Menjadi Konsultan HKI

Berdasarkan PP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, untuk dapat diangkat sebagai Konsultan Hak Kekayaan Intelektual, pemohon harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Berdomisili di wilayah NKRI
  • Memiliki sertifikat gelar sarjana
  • Fasih berbahasa Inggris
  • Tidak berstatus pegawai negeri sipil
  • Lulus pelatihan Konsultan HKI https://patendo.co.id/konsultan-hki/

Berdasarkan PP Konsultan HKI, (i) berhak mewakili, membantu, dan/atau membantu kepentingan pengguna jasa/klien untuk mengajukan dan mengurus permohonan di bidang Kekayaan Intelektual kepada Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual. Hak; (ii) berhak mewakili, mendampingi dan/atau membantu klien dengan disertai surat kuasa.

Keuntungan Mendaftar Melalui Konsultan HKI

Konsultan biasanya memahami pendekatan terbaik untuk mengajukan aplikasi. Proses administrasi lebih mudah karena walaupun karyawan berganti, karyawan baru dapat dengan mudah meminta update dari konsultan.

Efisiensi biaya karena pemohon hanya perlu menanyakan langsung ke konsultan untuk update status permohonan, tidak perlu datang ke kantor HKI. Segala hal yang berkaitan dengan aplikasi dapat diinstruksikan langsung kepada konsultan, dan konsultan akan melaksanakannya. Persiapan surat, pengajuan ke kantor HKI, semuanya dilakukan oleh konsultan.

Layanan tambahan lainnya yang mungkin diberikan oleh konsultan dan memang dibutuhkan oleh pemohon. Di bidang Merek, Konsultan Hak Kekayaan Intelektual akan memberikan masukan, salah satunya menyarankan untuk melakukan pencarian terhadap merek yang bersangkutan.

Sehingga dapat diketahui apakah sudah ada merek serupa untuk kelas yang sama dengan arang/jasa sebelumnya. Mengawasi seluruh proses pendaftaran merek dan menjaga keabsahan merek serta menangani gangguan dari pihak-pihak yang ingin menyalahgunakan merek.

Konsultan HKI yang baik harus dapat memberikan nasihat yang jujur mengenai kekayaan intelektual pemohon. Seorang konsultan HKI harus dapat memberikan pendapat mengenai penilaian atau nilai-nilai suatu HKI, layak atau tidak untuk diperpanjang perlindungannya.

Dapat memberikan pendapat tentang kemungkinan keberhasilan suatu kekayaan intelektual untuk didaftarkan berdasarkan penemuan HKI yang ada sebelumnya. Selama jangka waktu perlindungan suatu kekayaan intelektual yang dipercayakan kepadanya, selama itu menjadi tanggung jawab konsultan HKI untuk tetap mengikuti, kecuali ada peralihan kekuasaan.

Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual: Konsultan Hak Kekayaan Intelektual adalah orang yang mempunyai keahlian di bidang HKI dan memberikan jasa pengurusan permohonan Hak Kekayaan Intelektual yang dikelola oleh DJKI dan sudah terdaftar.

Konsultan HKI sebagaimana dimaksud dalam pasal ini adalah Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Terdaftar. Kemudian Pasal 3 huruf f mengatur: Untuk dapat diangkat sebagai Konsultan Hak Kekayaan Intelektual, pemohon harus memenuhi persyaratan untuk lulus pelatihan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual.

Selanjutnya Pasal 4 ayat (1) mengatur: Pelatihan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf f diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal dan ayat (2) Pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal. Direktorat Jenderal tersebut adalah DJKI.

Patendo adalah konsultan hak kekayaan intelektual terdaftar untuk mengurus semua pendaftaran dan masalah hak kekayaan intelektual anda untuk mencapai solusi yang mudah, murah dan terjangkau, cepat, efektif dan terukur. Segera hubungi kami di nomer di bawah ini.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal