5 Inovasi Unik Untuk Toko Kelontong Kecil Kecilan

5 Inovasi Unik Untuk Toko Kelontong Kecil Kecilan

Toko kelontong kecil Kecilan patendo hadir di tengah kita sebagai salah satu pelengkap untuk memenuhi kebutuhan. Berbeda dengan warung sembako yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga. Lalu, bagaimana sejarah toko kelontong?

Sejarah Toko Kelontong Kecil Kecilan

Dalam sejarah, toko kelontong ini mulai bermunculan sekitar abad ke-19. Namun cikal bakal dari toko kelontong ini adalah dari penjual kelontongan yang berkeliling jauh sebelum masa tersebut.

Toko kelontong ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan sebuah alat dari China berbentuk rebana kecil dengan ujung tali berbentuk biji. Jika tangkainya gerakan maka akan berbunyi yang menandakan jika pedagang kelontong ini sedang lewat.

Para pedagang kelontong ini menjajakan dagangannya dengan berkeliling sambil menjual barang keperluan sehari-hari. Namun, lambat lain kegiatan berdagang ini beralih menjadi menetap pada ke lokasi strategis agar konsumen mendatangi toko.

Sementara barang yang dijual pun semakin beragam daripada saat para penjual toko kelontong berkeliling kampung. Lalu apa perbedaannya dengan kelontong sekarang? Apa saja inovasi yang dilakukan sehingga berbeda?

5 Inovasi Unik Untuk Toko Kelontong

Berikut adalah beberapa inovasi unik untuk sebuah toko kelontong yang jarang ada.

1. Memberikan jasa antar kirim barang

Walaupun jarak antara toko dengan rumah konsumen cukup jauh, layanan jasa antar kirim barang ini dapat menjadi penawaran khusus. Para konsumen yang ingin belanja dapat memesan barang lewat telepon atau pesan teks lalu diantarkan. Anda juga dapat menarik ongkos berdasarkan seberapa jauhnya jarak pengantaran, hal ini tentunya dapat memudahkan para konsumen yang tidak bisa langsung ke toko.

2. Melayani Pembayaran Digital

Kita semua memang telah memasuki era digital yang membuat segalanya menjadi mudah. Oleh karena itu, sebuah toko kelontong juga tidak ada salahnya menyediakan transaksi pembayaran melalui digital seperti lewat e-money. Saat ini juga sudah banyak aplikasi pembayaran digital yang dapat dikelola secara mandiri dengan mudah, cepat, dapat transfer sendiri, dan melakukan transaksi seperti mobile banking.

3. Kreatif dalam Mendesain Toko

Sebuah toko yang menarik tentunya akan membuat para konsumen datang karena kagum dengan pengalaman pada sebuah interior toko. Oleh karena itu, Anda dapat mendesain toko yang unik dan menjadi selera orang-orang saat itu. Pastikan juga barang ditata rapi, dan jangan lupa kategorikan sesuai produk dan jenisnya, berilah label harga juga untuk memudahkan Anda dan konsumen. Serta yang paling penting adalah rajinlah untuk membersihkan tempat jualan Anda.

4. Perbanyak Ilmu Sebelum Terjun Langsung

Saat ini tentunya sudah banyak platform belajar bisnis dengan kelas-kelas yang disajikan oleh sebuah lembaga pembelajaran dan mudah diakses secara mandiri. Adanya platform ini tentunya akan membantu banyak orang untuk belajar bisnis secara mandiri. Misalnya saja jari eBook, video pembelajaran, hingga seminar sebagai transfer knowledge dari mentor ke mentee.

5. Memberikan Promosi dan Layanan yang Baik

Seorang pembeli tentunya akan tertarik jika sebuah toko menawarkan promosi dan layanan ekstra. Oleh karena itu, Anda dapat menawarkan beberapa paket promo, dan layanan antar kirim barang ke rumah bagi para konsumen. 

Hal tersebut tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen agar belanja di toko Anda. Apalagi, jika toko Anda menawarkan barang-barang yang tidak ada di toko Anda lagi dan lagi.

Demikian informasi mengenai 5 inovasi unik untuk toko kelontong kecil kecilan. Apakah Anda mulai tertarik untuk memulai bisnis toko seperti ini? Semoga informasi ini dapat bermanfaat  dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai usaha toko kelontong. 

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal