Mengenal Apa Itu Humidifier: Fungsi dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Humidifier: Fungsi dan Manfaatnya

Polusi udara saat ini semakin hari semakin memburuk kondisinya. Polusi udara ini memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah gangguan pernafasan. Sumber polusi udara ini banyak sekali, antara lain dari kendaraan bermotor, industri, pertanian, penambangan, bahkan produk-produk rumah tangga.

Polusi udara tidak hanya terjadi diluar ruangan, polusi udara juga bisa terjadi didalam ruangan. Walaupun didalam ruangan, bukan berarti tidak berbahaya. Polusi udara yang terjadi didalam ruangan sama bahayanya dengan polusi yang ada diluar ruangan.

Tentunya sebagai orang yang sadar akan bahayanya polusi udara, Kamu harus mencari cara agar terhindar dari polusi udara. Saat ini sudah ada teknologi untuk mencegah dan menjaga kualitas udara dalam ruangan tetap terjaga dengan baik. Salah satunya, yaitu humidifier.

Lalu, sebenarnya apa itu humidifier ? Yuk, Kamu kenali dulu dengan apa itu humidifer, fungsi, dan manfaatnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu humidifier!

Apa Itu Humidifier ?

Sebenarnya apa itu humidifier, humidifier adalah alat elektronik untuk melembabkan udara dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Uap air ini akan melembabkan udara, sehingga udara dalam ruangan menjadi hangat.

Salah satu penyebab Kamu mudah tertular virus flu, karena penyebaran virus terjadi lewat udara. Penyebab mudahnya penyebaran virus lewat udara, yaitu kondisi ruangan yang memiliki udara kering. Udara kering dalam ruangan sangat berbahaya terhadap kesehatamu. Sehingga dengan adanya humidifier akan menjaga kualitas udara di ruanganmu tetap terjaga bersih. 

Fungsi Humidifier

Setelah mengetaui apa itu humidifer, sekarang Kamu harus tahu apa fungsi humdifier untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa fungsi humidifier untuk kesehatan :

  • Membantu melembabkan udara. Cocok digunakan di daerah yang memiliki cuaca kering dan panas.
  • Karena udara lembab, otomatis udara menjadi lebih hangat.
  • Mencegah batuk kering.
  • Mencegah terjadinya penyebaran virus lewat udara, karena salah satu penyebaran virus akibat kondisi udara kering. 

Manfaat Humidifier

Berikut ini adalah manfaat menggunakan humidifier untuk kesehatanmu :

1. Membuat Tidur Menjadi Berkualitas

Tahukah Kamu bahwa penyebab dengkuran saat tidur, terjadi karena kondisi udara yang kering. Hal ini terjadi karena tenggorokkan kering. 

Sehingga, jika Kamu menggunakan humidifier akan membuat kondisi udara dalam ruangan menjadi lembab. Efeknya akan membuat tidurmu lebih berkualitas, karena kondisi tenggorokan tidak kering. 

2. Mengurangi Resiko Terserang Asma

Salah dua dari penyebab gejala asma, yaitu akibat alergi debu dan jamur. Selain itu, aktivitas yang berat dan olahraga juga bisa menjadi pemicu asma, karena menyebabkan saluran pernapasan menyempit.

Sehingga dengan menggunakan humidifier akan membantumu dalam pengobatan dan mengurangi resiko terserang asma.

3. Mencegah Iritasi Mata

Salah satu penyebab terjadinya iritasi mata adalah debu. Bertebarannya debu di udara disebabkan oleh kondisi udara yang kering. Untuk mencegah debu bertebaran di udara adalah dengan membuat kondisi udara menjadi lembab.

Oleh karena itu, dengan mengatur kelembaban udara akan membuatmu terhindar dan mencegah dari iritasi mata. Solusi untuk mengatur kelembaban udara tentunya dengan menggunakan humidifier. 

4. Membantu Proses Penyembuhan Penyakit

Humidifier juga akan membantumu dalam proses penyembuhan penyakit, selain obat yang direkomendasikan oleh dokter. Karena dengan mengatur kelembaban udara yang pas, maka akan mempercepatmu dalam proses penyembuhan penyakit.

5. Melembabkan Kulit dan Bibir Pecah-pecah

Penggunaan alat humidifier akan membuatmu terhindar dari kulit dan bibir pecah-pecah. Terutama, untuk orang yang sering berada di ruangan ber-AC, karena AC menyebabkan kondisi ruangan kering dan menurunkan kelembaban kulit dan bibir.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai apa itu humidifier, fungsi, dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga alat humidifer ini bisa membantumu dalam menjaga kesehatan serta terhindar dari penyakit yang menyebar lewat udara. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal