5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Bisnis Go Online

5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Bisnis Go Online

Di era yang semuanya serba digital ini, kita tentu tidak ingin menjadi manusia yang tertinggal, bukan? Banyak hal di sekitar yang sudah menggunakan sistem online. Dari sektor-sektor kecil hingga yang cakupannya lebih luas. Dari dunia pendidikan, kesehatan, transportasi bahkan bisnis. Bisnis adalah salah satu sektor yang sedang ramai diperbincangkan. Agaknya sudah banyak manusia yang sadar untuk membuka kran-kran pemasukan dengan melebarkan sayap di bidang bisnis.

Namun bisnis hari ini sudah tidak lagi seperti kemarin. Tidak hanya sekadar punya toko fisik yang terlihat saja, namun lebih canggih dari itu, kegiatan bisnis bisa dilakukan secara online. Kegiatan bisnis online ini tentunya dilakukan untuk menambah pemasukan. Meski begitu ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk menjadikan bisnis kita sebagai bisnis online.. Berikut adalah 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk bisnis go online.

1. Meng-upgrade Pemikiran Go Online

Bukan hanya sekadar bisnisnya saja yang di-ugrade, namun pemikiran kita selaku pelaku bisnis juga haruslah di-upgrade. Sebab tidak sedikit di luar sana yang meskipun sudah memiliki bisnis online namun memiliki pemikiran yang masih cenderung konvensional. Menjalankan bisnis hari ini bukan hanya sekadar kita bisa mendapatkan penghasilan untuk hari ini, tetapi bagaimana bisnis yang kita jalankan juga mampu memenuhi hidup kita juga orang-orang di sekitar hingga berpuluh-puluh tahun ke depan.

Selain itu berkecimpung di bidang bisnis artinya kita terbuka dan menyesuaikan dengan apa yang terjadi di lapangan. Kita tidak bisa hanya terus melakukan apa yang kita senangi tanpa meng-upgrade hal-hal baru yang ada di sekitar kita. Karenanya, memiliki pemikiran yang terus maju ke depan sangatlah diperlukan. Dengan meng-upgrade pemikiran dan pengetahuan, bisnis yang kita jalankan akan terus bisa sejalan seiring berkembangnya zaman.

2. Membuka Jaringan yang Lebih Luas

Semakin berkembangnya zaman, kita tidak perlu malu mengakui bahwa ada hal-hal yang tidak selalu kita tahu. Begitu pula dalam hal berbisnis online. Karenanya diperlukan kemampuan untuk berjejaring dengan lebih luas. Kita sebagai pelaku bisnis online bisa mencari komunitas yang sejalan dengan bisnis yang sedang kita kembangkan. Di komunitas tersebut nantinya kita bisa mendapatkan banyak wawasan juga masukan untuk membuat bisnis kita lebih berkembang. Jangan pernah malu untuk menanyakan apa yang tidak kita tahu kepada mereka yang sudah lebih dulu mengembangkan bisnisnya atau mereka yang sudah lebih dulu mampu menjual produknya dengan angka yang lebih banyak.

3. Promosi di Media Sosial

Siapa di antara kita yang tidak mengenal media sosial? Hampir semua dari kita, baik itu pengguna aktif maupun pasif, pastilah memiliki akun media sosial di smartphone masing-masing. Perubahan zaman tidak bisa dipungkiri ternyata mampu menggeser kegiatan sosial yang semula terjadi di dunia nyata menjadi beralih ke dunia maya. Begitupun di sektor bisnis. Memiliki bisnis online rasanya belum pas jika tidak dipromosikan di media sosial.

Saat ini media sosial sebagai platform yang mendukung kita untuk mengembangkan bisnis online. Di sana, kita bisa menawarkan produk kita ke lebih banyak orang dari berbagai kota bahkan negara. Dari sana pula kita bisa bekerja sama dengan para influencer agar produk kita lebih banyak dikenal. Jadi promosi di media sosial ini adalah salah satu langkah yang tepat untuk menjadikan bisnis kita go online. 

4. Membuat Website

Ternyata media sosial saja belum cukup untuk membuat para calon konsumen percaya dengan bisnis kita. Saat ini, banyak orang mencari tahu website dari sebuah usaha online yang tengah dijalankan. Karenanya penting bagi kita selaku pelaku bisnis online untuk membuat website bisnis pribadi. Dengan memiliki website sendiri, kita akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan calon konsumen. Pada website yang kita miliki, kita juga bisa menampilkan lebih banyak produk, bisa membranding produk yang kita tawarkan, juga bisa menjalankan aktivitas antara penjual dan pembeli. 

Saat ini banyak sekali penyedia layanan hosting indonesia dan domain yang bisa membantu kita dalam membuat website toko online yang sedang kita kembangkan. Kita bisa memilih layanan hosting dan domain sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Memaksimalkan Digital Marketing

Menjalankan bisnis secara online artinya kegiatan marketing yang kita lakukan juga haruslah online, atau kita biasa mengenalnya dengan istilah digital marketing. Digital marketing adalah salah satu hal penting untuk menentukan penjualan produk yang kita dapatkan. Kita harus mempersiapkan mental untuk bisa berpromosi hingga ke daerah-daerah tersembunyi. Karenanya digital marketing tentu dilakukan secara bertahap namun terus berkelanjutan. Kita bisa memulai dengan memiliki whatsapp business, google business, email resmi, mempelajari teknik copywriting, dan masih banyak hal lainnya.

Itulah tadi 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk bisnis go online. Jangan sampai era digital ini menjadikan kita tertinggal, sebab kecanggihan teknologi ini diperuntukkan bagi kita yang mau belajar dan bukan hanya untuk mereka yang bekerja di bidang IT saja. Karenanya, untuk mendukung bisnis go online teman-teman, kami Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting dan domain menyediakan berbagai kebutuhan teman-teman yang berminat untuk mengembangkan bisnis online-nya. 

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal