5 Tips Mudah Mengelola Keuangan Untuk Bisnis

5 Tips Mudah Mengelola Keuangan Untuk Bisnis

Mengelola keuangan dengan baik dalam suatu bisnis adalah salah satu hal wajib dan menjadi acuan suatu bisnis bisa dikatakan berkembang ke arah yang positif.  Hal ini, karena keuangan merupakan roda penggerak utama suatu bisnis. Maka, jika keuangan di kelola dengan baik, tentu saja bisnis Kamu bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, manfaat lain mengelola keuangan dengan baik adalah untuk menghindari krisis keuangan yang dapat menyebabkan kerugian hingga kebangkrutan untuk bisnis Kamu. Apalagi di saat kondisi pandemi seperti ini, wajib bagi Kamu untuk mengelola keuangan dengan baik, agar bisnis Kamu tetap bertahan.

Yuk, mulai sekarang untuk lebih memperhatikan keuangan bisnis Kamu. Jika semua keuangan bisnis dikelola dengan baik akan memudahkanmu dan menjaaga bisnismu tetap berkembang. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa Kamu coba untuk membantumu dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik dan benar.

5 Tips Mudah Mengelola Keuangan Untuk Bisnis

1. Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Banyak masalah terjadi, ketika keuangan pribadi dan bisnis tidak dipisahkan. Hal ini, membuat laporan keuangan menjadi berantakan dan cashflow keuangan yang tidak terkontrol. JIka ini dibiarkan terus, maka ini akan mengancam bisnismu bisa merugi dan bangkrut.

Oleh karena itu, tips pertama dari mengelola keuangan bisnis yang baik adalah memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan sebenarnya dari bisnis yang Kamu jalani, tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan priibadi. Selain itu, Kamu juga sudah menerapkan prinsip entitas ekonomi, karena memisahkan pencatatan keuangan pribadi dan bisnis.

2. Membuat Rencana Bisnis Dengan Matang

Mulailah membuat rencana bisnis dengan matang. Perencanaan bisnis yang baik penting dilakukan, karena nantinya dalam setiap rencana atau program yang dijalankan akan diperlukan uang yang dikeluarkan. Sehingga jika semua sudah direncanakan dari awal dengan baik, maka pengeluaran uang dalam bisnismu bisa terkontrol dengan mudah.

Oleh karena itu buatlah program apa saja yang akan dikerjakan dan rencana usaha apa yang akan di jalankan selama satu periode ke depan. Lalu, bagilah rencana tersebut ke dalam beberapa periode pendek, seperti mingguan, bulanan, hingga triwulan. Lakukan perencanaan dan perhitungan dengan matang untuk kebutuhan dana yang dikeluarkan dalam setiap rencana. Kemudian tentukan pula kapan rencana atau program akan dijalankan.

3. Usahakan Untuk Menghindari Hutang

Jika sebuah bisnis memiliki hutang, maka kentungan tiap bulan yang didapatkan akan habis untuk membayar angsuran hutang. Tentunya akan lebih baik, keuntungan yang didapatkan tiap bulan dialokasikan untuk kebutuhan lain, seperti mengembangkan bisnis.  

Gunakanlah uang sesuai kemampuan Kamu, jangan karena terlalu ambisius yang tinggi, Kamu rela berhutang demi membuat bisnismu maju. Tetapi, bukannya semakin maju dan untung, justru malah merugi. Sehingga Kamu harus membayar angsuran tiap bulan untuk hutang yang miliki.

Oleh karena itu kendalikan dirimu dan bijaklah dalam mengendalikan uang. Sehingga bisnismu akan aman dan berkembang dengan baik.

4. Lakukan Monitoring Secara Berkala

Ketika Kamu memulai bisnis, maka monitoring juga sudah dilakukan sejak pertama kali Kamu memulai bisnis. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kerugian yang ada. 

Semakin cepat Kamu melakukan monitoring, maka semakin cepat resiko dapat diketahui dan diatasi. Tak hanya itu, monitoring juga harus dilakukan secara berkala dan konsisten . Jadi biasakanlah untuk melakukan monitoring bisnismu dan buat jadwalnya agar tak kelewatan dalam monitoring bisnismu.

5. Gunakan Aplikasi Pengelola Keuangan

Di zaman era digitalisasi seperti ini, seharusnya Kamu sebagai pebisnis sudah menggunakan teknologi untuk mengelola keuangan dalam bisnis milikmu. Jangan buang waktumu untuk hal-hal yang bisa diatasi oleh teknologi dengan cepat dan mudah. Lebih baik, Kamu alokasikan waktu tersebut untuk mengembangkan bisnismu.

Sekarang sudah banyak aplikasi pengelola keuangan, sofware akuntansi dan sejenisnya yang bisa Kamu gunakan untuk mengelola keuangan bisnismu dengan mudah dan cepat. Salah satu aplikasi yang Saya rekomendasi untuk Kamu coba adalah https://www.jurnal.id/id/

Jurnal.id adalah salah satu aplikasi akuntansi online untuk mengelola keuangan pada bisnismu. Dengan berbagai macam fitur yang dimiliknya, aplikasi ini mampu untuk mengatasi semua masalahmu dengan cepat dan mudah. Semuanya dipantau dan dikontrol hanya dalam satu aplikasi. 

Sehingga semua tips yang sudah Saya disebutkan diatas tadi akan bisa Kamu lakukan hanya lewat satu aplikasi ini. Tentunya akan sangat efisien dan menghemat waktumu, jadi jangan bingung dan gunakan saja aplikasi akuntansi dari Jurnal.id.

Itulah beberapa tips yang bisa Kamu coba ketika Kamu akan memulai atau sudah menjalankan bisnis. Semoga tips ini bermanfaat untuk membuat bisnismu semakin berkembang dan maju ya!

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal