Bagaimana Cara Membuat Nama PT yang Bagus?

Bagaimana Cara Membuat Nama PT yang Bagus?

 PT atau Perseroan Terbatas adalah salah satu jenis badan usaha yang keberadaannya dilindungi oleh hukum, dengan sistem modal di dalamnya berasal dari saham. Jika anda baru mendirikan suatu PT, maka langkah pertama adalah menentukan nama PT yang bagus patendo, bagaimana caranya?

Penting untuk menentukan nama PT yang unik, menarik, dan anti-mainstream, karena nama akan menjadi ciri dari suatu perusahaan agar mudah dikenali oleh konsumen atau masyarakat, maka anda harus membuat nama PT yang berbeda, dan memiliki power di dalamnya.

Begini Cara Menentukan Nama PT yang Bagus!

Nama PT memiliki peran penting untuk suatu usaha atau bisnis, mulai dari menjadi identitas bisnis, berpengaruh pada brand awareness, dan menarik perhatian banyak orang. Berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan ketika akan membuat nama PT.

1. Simple dan Memorable

Artinya buatlah nama PT yang singkat, mudah dieja, dan gampang untuk diingat, namun tetap memiliki kesan yang mendalam untuk para konsumen. Maka pastikan nama PT anda memiliki ciri khas yang menjadi karakteristik, keunikan, dan memiliki kesan tersendiri.

Bayangkan nama PT yang sekali orang mendengarnya mudah untuk dieja, diucapkan, dan mudah untuk diingat. Jangan terlalu panjang, rumit, dan sulit untuk diucapkan apalagi diingat. Dan pertimbangkan juga aspek branding dari nama tersebut.

2. Ide yang Out of the Box

Jangan samakan nama perusahaan atau PT dengan bidang usaha yang anda jalankan. Pikirkan ide yang menarik, out of the box, dan tidak pasaran. Memang boleh saja menambahkan nama bidang usaha pada nama PT, namun jangan jadikan itu poin utamanya.

Yang harus menjadi highlight dari nama PT anda haruslah sesuatu yang unik dan berkesan. Hal ini juga berkaitan dengan konsep persaingan pasar. Jika nama PT anda pasaran, tentu tidak cukup menguntungkan posisi anda dalam kompetisi atau persaingan di pasar.

3. Tunjukkan Idealisme Anda

Jika anda bingung menemukan ide yang anti-mainstream atau semacamnya, coba pikirkan apa yang menjadi idealisme anda dalam mendirikan usaha tersebut.  Sah-sah saja untuk menyisipkan sisi idealisme atau filosofi yang anda pegang dalam hidup anda.

Itu bisa menjadi ide dasar bagi anda untuk menemukan nama yang lebih cocok dan kreatif untuk PT tersebut. Namun pastikan nama tersebut tidak terlalu lebay, alay, dan tidak masuk akal. Hal itu bisa menurunkan kepercayaan dan penilaian konsumen tentang kualitas perusahaan anda.

4. Buatlah Coined Name

Coined name adalah suatu nama yang terbentuk oleh lebih dari satu unsur kata, sehingga bisa memiliki arti ganda yang menarik dan tetap relevan satu sama lain. Jika ingin menggunakan coined name, anda  bisa menggabungkan dua suku kata, atau memotong kata.

Anda juga bisa menggunakan singkatan, mengungkapkan suatu ekspresi unik tertentu, mengubah ejaan menjadi terbaik, dan lain sebagainya. Coined name ini sebenarnya membuat anda lebih kreatif dan memikirkan ide-ide menarik, unik, dan sesuai dengan passion anda.

5. Nama yang Memiliki Cerita

Tidak jarang orang menanyakan ide dasar atau arti dari suatu nama perusahaan. Anda bisa memanfaatkan sisi itu untuk membuat nama perusahaan based on cerita unik yang anda alami. Biasanya, itu akan meningkatkan citra dan kedekatan dengan para calon konsumen.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat nama PT yang bagus. Jika anda mengalami kesulitan menemukan ide awal, cobalah lakukan aktivitas atau hobi yang menyenangkan bagi anda. Dari situ mungkin akan muncul ide-ide yang menarik.

Artikel Terkait