Menggunakan Jasa Konsultan HKI

Menggunakan Jasa Konsultan HKI

Persaingan pasar yang semakin ketat, membuat para pelaku bisnis berlomba lomba untuk menunjukkan eksistensinya. Mereka bahkan sudah dilengkapi dengan badan hukum yang bernaung. Beberapa di antaranya menggunakan jasa konsultan HKI untuk bisnisnya. Namun, sebelum menggunakan jasa tersebut, simak tips dan panduan dalam ulasan berikut ini.

Tips Dan Prosedur Memilih Konsultan Kekayaan Intelektual

1. Sudah Terdaftar Di Pangkalan Data

Perlu anda ketahui, salah satu peran Konsultan Kekayaan Intelektual ialah membantu pemohon yang mengajukan merek. Jasa konsultan yang sudah terpercaya tentu sudah terdaftar di pangkalan data biro Konsultan Kekayaan Intelektual. Agar mendapatkan jasa terpercaya, anda bisa kunjungi laman situs Direktorat Jenderal HKI untuk mengorek informasi.

Perhatikan apakah jasa yang akan digunakan sudah terdaftar dan tertera pada laman situs tersebut. Lihat pula kekontinuan publikasi jasa HKI, apakah jasa tersebut selalu diperbaharui setiap hari atau tidak. Jika sebuah jasa yang digunakan tidak tertera pada situs resmi Ditjen HKI, maka anda perlu waspada. Dikhawatirkan, jasa tersebut akan bertindak buruk.

2. Memiliki Jam Terbang Tinggi Dan Sudah Berpengalaman

Sebuah jasa Konsultan Kekayaan Intelektual dapat dikatakan terpercaya apabila sudah banyak pengalamannya. Banyaknya pengalaman yang didapatkannya bisa dilihat melalui jam terbangnya. Semakin banyak klien yang menggunakan jasa tersebut, semakin baik pula kualitasnya. Dapat dikatakan, jasa tersebut sudah memperoleh banyak kepercayaan dari klien.

Untuk bisa mengetahui seberapa padat jam terbang sebuah jasa konsultan HKI, anda bisa mengunjungi situs pribadinya. Lihat kelengkapan dokumen atau portofolio yang menunjukkan daftar klien. Jika klien yang ditangani jasa tersebut sudah banyak dan berpengalaman, maka anda bisa memutuskan untuk menggunakan layanan jasa konsultan tersebut.

Meski hal ini bukan menjadi patokan untuk mengetahui kualitas jasa konsultan, namun anda tetap harus mempertimbangkannya. Jasa yang sudah memiliki jam terbang tinggi tentu memiliki kepercayaan penuh yang diberikan oleh pelanggan. Apabila jasa yang akan digunakan belum memiliki jam terbang yang tinggi, maka anda boleh mengurungkan niat untuk menggunakannya.

3. Jasa Harus Patuh Pada Kode Etik Profesi

Perlu anda ketahui, profesi HKI memiliki kode etik profesi yang telah ditetapkan negara. Bahkan, seluruh kebijakan yang dikeluarkannya harus berdasarkan Undang – Undang Dasar. Biro konsultan tidak diperbolehkan untuk menyampaikan informasi yang menyesatkan dan bisa mempengaruhi kliennya. Pihak jasa juga tak boleh menampilkan citra buruk kepada klien.

Sebelum memilih jasa konsultan, pastikan jika jasa tersebut tidak memberikan informasi atau berita yang tidak berdasarkan fakta. Apabila merasakan jasa tersebut sedang mempengaruhi anda, maka segeralah mengubah keputusan untuk menggunakan jasa tersebut. Pasalnya, bila anda salah langkah mau tidak mau harus berhadapan dengan hukum.

Cara Pembayaran Pendaftaran Merek Melalui Konsultan HKI

Cara pembayaran pendaftaran merek melalui konsultan HKI memiliki beberapa bagian. Biasanya pada bagian pendaftaran dengan tarif tertentu, sebagaimana sosialisasi terbaru HKI yang membedakan UMK dan non UMK.

Pembayaran jasa konsultan yang paling umum melalui transfer rekening bank, dengan nomor rekening yang telah dicantumkan oleh konsultan HKI. Pengurusan, baru dapat dilakukan apabila pembayaran telah dilakukan dan dikirimkan berupa bukti transfer.

Total biaya yang dikeluarkan dapat Anda bicarakan dengan pihak konsultan HKI. Kesepakatan harga kemudian akan memudahkan kerja sama untuk proses lebih lanjut.

Rincian biaya pada dasarnya mencakup biaya analisa dan penelusuran merek untuk pengecekan awal, dokumentasi, administrasi, pengolahan data dan pencetakan, biaya jasa konsultan serta biaya pemantauan langsung pada badan pemerintah terkait.

Wewenang Konsultan HKI

Pendaftaran merek dagang dapat dilakukan melalui kuasa. Apabila pendaftaran melalui konsultan HKI, maka pihaknya dapat mewakili Anda sebagai kuasa dan menyelesaikan perihal pendaftaran dan prosedur lainnya.

Melalui konsultan, pengurusan administrasi berupa persuratan akan ditangani langsung secara benar. Termasuk, menindaklanjuti kemungkinan penolakan dari pusat dan pengajuan banding.

Anda juga dapat melihat peluang keberhasilan pendaftaran merek yang lebih besar lewat jasa ini. Mengajukan sanggahan terhadap oposisi merek juga bisa dilakukan hingga pada pengadilan hak merek. Proses ini, tidak perlu Anda lalui jika menggunakan jasa konsultan yang profesional.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal