Mengenal Apa Saja Manfaat Investasi Obligasi

Mengenal Apa Saja Manfaat Investasi Obligasi

Bagi Anda yang sudah bekerja dan mulai mendapatkan penghasilan sendiri Anda harus menabung dan berinvestasi untuk menyiapkan keuangan di masa depan. Anda bisa melakukan berbagai investasi, salah satunya investasi obligasi. Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari investasi obligasi guna mendapatkan keuntungan dan manfaatnya.

Secara umum, pengertian obligasi yaitu surat utang yang dikeluarkan oleh lembaga baik pemerintah, perusahaan atau pihak lain untuk mendapatkan pendanaan. Penerbit obligasi akan membayar kembali seluruh surat utang ketika jatuh tempo dengan suatu tingkat imbal hasil dalam investasi obligasi. 

Manfaat Investasi Obligasi

Ada berbagai macam manfaat investasi obligasi yang bisa Anda rasakan dalam keuangan Anda, di antaranya yaitu:

1. Bunga

Manfaat investasi obligasi yang bisa Anda rasakan yaitu ada sejumlah bunga yang biasanya dibayarkan secara reguler oleh pihak penerbit obligasi. Dalam hal ini, waktu pembayaran dan besaran bunga ditentukan pada sertifikat obligasi itu sendiri. 

2. Capital gain

Investasi obligasi memiliki capital gain atau selisih yang terdapat antara nilai obligasi dengan harga jual obligasi yang ada di pasaran. Sebelum masa jatuh tempo, biasanya obligasi akan diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga Anda berkesempatan untuk mendapatkan capital gain. Cara investasi obligasi untuk bisa mendapatkan capital gain yaitu dengan membeli obligasi saat diskon dan menjualnya saat jatuh tempo dengan harga nominalnya

3. Hak klaim pertama

Ketika perusahaan mulai bangkrut, atau dilikuidasi oleh pihak ketiga, maka investor atau pemegang obligasi tersebut mempunyai hak klaim pertama terhadap aktivitas dalam perusahaan tersebut. Hal ini tentu memberikan manfaat bagi investor.

4. Dijamin oleh Undang – Undang

Jika ingin memulai investasi obligasi, Anda tidak perlu takut rugi atau tertipu, karena setiap obligasi yang telah diterbitkan oleh pemerintah dijamin undang-undang. Pasalnya dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemerintah Indonesia bertanggung jawab untuk menjamin pembayaran pokok dan bunga sesuai dengan waktu yang berlaku.

5. Pencairan Cepat dan Praktis

Manfaat investasi obligasi selanjutnya yaitu nasabah atau investor bisa melakukan pencairan dengan cepat dan fleksibel, serta sesuai dengan harga di pasar. Investor juga bisa melakukan transaksi jual-beli obligasi dengan menggunakan mekanisme sekunder, namun ada beberapa hal tidak berlaku pada obligasi sukuk tabungan, SBR atau ST serta saving bonds retail

Nasabah atau investor juga bisa mendapatkan pendapatan secara berkala melalui kupon. Dimana kupon tersebut bisa ditukarkan secara langsung ke uang tunai ke rekening nasabah dengan jumlah nominal yang sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

6. Risiko yang Rendah

Banyak orang yang tidak mau berinvestasi karena takut dengan risikonya yang terlalu tinggi dan banyak. Namun berbeda dengan investasi obligasi, di mana Anda bisa meminimalkan resiko kerugian.

Cara untuk meminimalisir risiko yang rendah ketika investasi obligasi yaitu dengan memprediksikan risiko kredit sebelum melakukan kontrak. Pasalnya prediksi kredit bisa dilihat dalam bentuk rating atau peringkat guna mengukur kemampuan dan kondisi finansial emiten

Anda bisa memanfaatkan peringkat atau rating tersebut untuk mengukur kemampuan dan kondisi finansial emiten, dan bertujuan untuk mengembalikan dana pinjaman dan pembayaran kupon. Gunakan software keuangan usaha finata untuk melakukan prediksi atas rating atau peringkat yang tepat sehingga membuat keputusan yang tepat.

7. Bisa dikonversi

Manfaat investasi obligasi selanjutnya yaitu pada obligasi konversi ini, di mana investasi ini bisa dikonversikan menjadi saham dalam suatu perusahaan penerbit obligasi oleh investor atau pihak pemegang obligasi. Dengan begitu, investor bisa memperoleh keuntungan atau manfaatnya tersendiri. Selain itu hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai promosi emiten pada para investor atau pemberi dana agarp penjualan obligasi meningkat.

Rasakan Manfaatnya dengan Investasi Obligasi di DBS Treasures

Jika Anda ingin merasakan manfaat investasi obligasi, Anda bisa berinvestasi di Bank DBS Treasures. Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari investasi obligasi di DBS Treasures, mulai dari pemberian pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi, mendapatkan capital gain atau selisih pembelian dan penjualan obligasi serta mendapatkan tingkatan imbalan yang kompetitif.

Ada beberapa alasan mengapa produk obligasi jadi pilihan investasi yang tepat, di antaranya:

  • Investasi obligasi menjadi produk investasi yang dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia, sehingga aman dan terpercaya
  • Investasi obligasi merupakan investasi dengan pengembalian 100% nilai pokok ketika jatuh tempo
  • Investasi obligasi mempunyai berbagai pilihan jangka waktu dan mata uang seperti IDR, USD, dan EUR
  • Ada ragam obligasi yang ada pada DBS treasures yaitu
  • Obligasi Negara dengan mata uang IDR Ritel: SR dan ORI
  • Obligasi Negara dengan mata uang USD: INDON
  • Obligasi Negara dengan mata uang IDR Konvensional: FR dan PBS. 

Dengan DBS treasures, Anda juga tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk transaksi obligasi, melainkan hanya spread antara harga jual dan harga beli. 

Itulah beberapa manfaat investasi obligasi yang bisa Anda rasakan. Anda bisa investasi obligasi di DBS treasures di mana PT Bank DBS Indonesia ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Referensi:
https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds
https://www.viva.co.id/amp/arsip/806163-manfaat--dan-risiko-investasi-obligasi
https://idcloudhost.com/apa-itu-obligasi-pengertian-fungsi-manfaat-dan-contohnya/

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal