Kantor Jasa Pendaftaran Merek HKI, Buat Nama Merek Yang Bagus

Kantor Jasa Pendaftaran Merek HKI, Buat Nama Merek Yang Bagus

Toko populer biasanya memiliki jumlah pengunjung yang banyak, sehingga terkadang membuat kita bertanya-tanya apa yang membuatnya begitu terkenal. Merek yang dimiliki oleh sebuah bisnis bisa ikut mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha, selain produk dan metode pemasarannya yang bagus.

Nama merek yang menarik bisa menjadi aset untuk kesuksesan bisnis karena tentunya bisa memikat banyak calon konsumen. Misalnya saja nama merek Matahari dan Ramayana yang terkesan klasik, hingga ThenBlank dan Vanilla Hijab yang populer melalui media sosial.

Kantor Jasa Pendaftaran Merek HKI: Tips Menemukan Ide Nama Merek Yang Menarik

Saat ide produk atau jasa sudah tersusun secara rapi, idealnya Anda perlu mencari tahu nama merek atau toko usaha Anda secara hati-hati. Hal ini dikarenakan konsep dan layanan produk usaha Anda bisa dicerminkan oleh merek atau identitas usaha Anda. Berikut ini tipsnya:

1. Melakukan riset ketersediaan nama merek

Jika Anda sudah memiliki gambaran nama merek yang diinginkan namun masih ragu, Anda bisa melakukan pencarian calon nama merek usaha Anda di situs pencari. Hal tersebut berguna agar tidak terjadi kesamaan nama merek dengan pihak lain.

Anda tidak bisa menggunakan nama merek tersebut apabila sudah ada pihak lain yang menggunakannya sebagai sebuah bisnis, apalagi jika sudah memiliki Hak Merek atau resmi. Sumber-sumber resmi seperti yang ada di Indonesia maupun luar negeri bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin.

2. Kosakata yang berkaitan dengan produk

Sebelum menentukan nama merek usaha, Anda perlu memperhatikan daftar jasa atau produk yang nantinya Anda tawarkan kepada konsumen. Untuk membuat daftar kosakata yang mencerminkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, gunakanlah kamus yang bisa dalam bahasa Indonesia, Inggris bahkan daerah jika ingin terlihat lebih nasionalis.

Dalam proses penemuan merek, Anda bisa menemukan kombinasi nama toko yang bagus dari daftar kosakata yang sudah Anda buat tersebut.

3. Melakukan riset terhadap pesaing

Untuk proses pemasaran, Anda bisa menemukan inspirasi nama-nama merek di area incaran usaha Anda. Anda bisa menggunakan usaha yang mirip dengan Anda untuk dijadikan inspirasi. Bagaimana cara pemasarannya, siapa sasarannya hingga nama merek yang mereka gunakan bisa Anda riset terlebih dahulu.

4. Pertimbangkan pelanggan utama

Gaya komunikasi dan promosi Anda bisa dipengaruhi oleh demografi dan karakter pelanggan, yang mana berlaku juga ketika Anda menentukan nama merek. Sasaran pemasaran produk bisa menentukan bagaimana Anda membuat nama merek apakah bersifat unik, lucu, resmi, trendi hingga elegan.

5. Melakukan diskusi dengan pihak lain

Jika Anda ragu apakah nama merek pilihan Anda bagus atau tidaknya, cobalah untuk minta pendapat orang lain yang Anda percayai. Disarankan untuk bertanya kepada kerabat atau orang lain yang memiliki karakteristik sesuai dengan target pasar Anda.

Contohnya, Anda bisa menanyakan pendapat orang yang Anda kenal dan yang masih remaja, jika target pasar Anda adalah anak-anak remaja juga. Tanyakan kepada mereka bagaimana nama merek Anda, apakah bagus atau tidak dan apa kesan mereka saat mendengar nama merek Anda.

6. Pilih slogan dan logo yang baik

Ada hal lain yang bisa menentukan sukses atau tidaknya sebuah usaha selain nama merek, yaitu logo dan slogan. Anda bisa menggunakan jasa desainer dan copywriter untuk menciptakan logo dan slogan, apabila merasa ragu untuk membuatnya sendiri. Kedua hal tersebut haruslah berkualitas bagus sejak awal, karena digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Hal yang paling penting adalah pastikan makna di balik nama usaha Anda, bisa Anda jelaskan dengan baik apabila nantinya ada yang menanyakannya. Terakhir untuk menunjang kesuksesan usaha Anda, gunakanlah jasa pendaftaran merek HKI terpercaya agar Anda memiliki Hak Merek secara hukum dan legal.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal