Tips Sebelum Mendaftarkan Merek Dagang

Tips Sebelum Mendaftarkan Merek Dagang

Sebelum mengajukan pendaftaran merek dagang, disarankan untuk menjawab beberapa pertanyaan terlebih dahulu. Dalam hal itu, mungkin akan membantu untuk mencari nasihat dari seorang ahli.

Pilih tanda dan tentukan produk atau layanan mana yang ingin Anda lindungi. Untuk mendapatkan perlindungan merek, Anda harus merancang atau memikirkan tanda yang dapat digunakan sebagai Merek Dagang.

Kemudian, Anda perlu menentukan barang atau jasa mana yang ingin Anda daftarkan tandanya. Menjelaskan produk atau jasa ini penting, karena hak eksklusif yang akan Anda peroleh dibatasi oleh prinsip khusus.

Otoritas merek dagang Benelux (dan otoritas di sebagian besar negara lain) menggunakan daftar internasional untuk mengklasifikasikan barang dan jasa ke dalam kelas yang berbeda yang perlu Anda gunakan.

Periksa apakah tanda yang dipilih memenuhi persyaratan untuk perlindungan. Sebelum mendaftarkan tanda dan memulai prosedur yang menimbulkan biaya, disarankan untuk terlebih dahulu memeriksa apakah tanda yang dipilih memenuhi persyaratan untuk perlindungan .

Periksa juga apakah tanda tersebut masih tersedia untuk produk atau layanan yang Anda pikirkan! Untuk melakukannya, Anda dapat berkonsultasi dengan Daftar Merek Dagang online Kantor Benelux untuk Kekayaan Intelektual gratis, yang tidak hanya berisi merek dagang Benelux.

Tetapi juga Uni Negara luar dan merek dagang internasional, serta aplikasi yang tertunda. Sebelum mengajukan merek dagang, sangat disarankan untuk memeriksa apakah tanda yang identik atau mirip dengan merek dagang yang Anda lamar belum terdaftar.

Kantor Benelux sendiri tidak dapat meminta keberadaan merek dagang sebelumnya untuk menolak aplikasi Anda. Namun, pemegang merek dagang sebelumnya dapat memulai proses penentangan untuk mencegah pendaftaran merek dagang Anda.

Untuk selanjutnya, disarankan untuk mempertimbangkan kembali permohonan Anda, jika tampaknya orang lain telah mendaftarkan merek dagang yang identik atau sangat mirip untuk barang atau jasa yang identik atau serupa.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Merek Dagang?

Pastikan bahwa perlindungan merek dagang adalah pilihan terbaik. Ketika Anda menjual produk atau ketika Anda aktif di sektor jasa, pada prinsipnya disarankan untuk mendaftarkan tanda yang Anda ingin mengidentifikasi barang atau jasa Anda sebagai merek dagang. Namun, disarankan untuk membuat analisis kasus per kasus apakah mengajukan merek dagang adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Perlindungan Merek Dagang Memerlukan Biaya

Pertama, ada biaya pengajuan dengan atau tanpa biaya ahli. Setiap sepuluh tahun biaya perpanjangan harus dibayar juga. Biaya ini harus dibayarkan untuk setiap negara (atau wilayah) tempat merek dagang Anda dilindungi.

Namun, jika Anda melihat tarif Benelux dan hal yang sama berlaku untuk merek dagang Uni Negara luar, Anda akan melihat bahwa tarif untuk memperoleh gelar yang memberi Anda hak eksklusif atas sebuah tanda tidak terlalu tinggi.

Menggunakan Tanda Tanpa Mendaftarkannya Sebagai Merek Dagang

Namun, Anda dapat mempertimbangkan untuk tidak mendaftarkan tanda tersebut sebagai merek dagang dan hanya menggunakannya, mungkin juga sebagai nama dagang , jika Anda berencana untuk aktif hanya di tingkat lokal.

Dalam hal ini, pendaftaran merek dagang berikutnya oleh pihak ketiga pada tanda yang Anda gunakan sebagai nama dagang tidak dapat mencegah Anda untuk terus menggunakan tanda tersebut.

Namun demikian, Anda tidak akan memiliki hak Merek Dagang untuk melarang pihak ketiga menggunakan tanda yang sama untuk barang atau jasa mereka. Itu saja yang dapat saya jelaskan, sekian terima kasih.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal