Pengertian dan Tips Cara Mudah Cek Merek Dagang Sebelum Memilih Nama Bisnis

Pengertian dan Tips Cara Mudah Cek Merek Dagang Sebelum Memilih Nama Bisnis

Cek merek dagang patendo sangat penting dilakukan bagi para pelaku bisnis sebelum memilih nama bisnis. Hal ini dilakukan agar nama bisnis yang digunakan tidak digugat oleh bisnis lain. Terlebih lagi, merek dagang disini menjadi hal yang perlu mendapat perhatian ekstra lantaran saat ini ada banyak sekali bisnis dengan merek dagang yang unik dan menarik.

Sehingga dalam hal ini, Anda perlu memilih merek dagang yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Lantas, bagaimana cara mudah mengecek suatu merek dagang nama bisnis? Untuk informasi cara melihat merek dagang nama bisnis bisa Anda simak di artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud Merek Dagang?

Secara umum, merek dagang sendiri merupakan suatu merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya. Dalam hal ini, merek dagang biasanya dapat ditampilkan dalam bentuk gambar, logo, nama, kata, huruf, angka dan susunan warna dalam bentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Ketika suatu perusahaan mendaftarkan merek dagang yang dimiliki ke pihak terkait, maka merek dagang tersebut akan terlindungi secara hukum. 

Dengan demikian, maka nantinya tidak akan ada pihak lain yang dapat memakai merek dagang tersebut secara sembarangan. Adapun untuk merek dagang yang sudah didaftarkan umumnya memiliki jangka waktu perlindungan selama kurang lebih 10 tahun sejak tanggal pengajuan. Dan perusahaan bisa memperpanjang perlindungan merek dagang yang dimiliki sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Bagaimana Cara Cek Merek Dagang Pada Nama Bisnis?

Berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai fungsi dan juga cara mudah dalam mengecek suatu merek dagang yang bisa Anda ketahui dan pahami sebelum memilih nama bisnis.

Fungsi Merek Dagang

Pada dasarnya, merek dagang yang didaftarkan ke pihak terkait memiliki banyak sekali kegunaan bagi para pelaku bisnis. Beberapa kegunaan merek dagang tersebut di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Membangun kesadaran merek (brand awareness) agar dapat mendominasi pasar dan mempermudah proses penjualan.
  • Mencegah orang lain menggunakan merek dagang yang sama dengan bebas.
  • Sebagai bukti resmi kepemilikan merek dagang yang dimiliki.
  • Sebagai pembeda dengan bisnis-bisnis lain di pasaran.
  • Dapat menciptakan kredibilitas dan kepercayaan konsumen.

Cara Pengecekan Suatu Merek Dagang

Agar supaya Anda tidak mengalami permasalahan di kemudian hari mengenai merek dagang yang dimiliki saat menggunakan nama bisnis, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu merek dagang tersebut. Untuk proses pengecekan suatu merek dagang apakah sudah terdaftar atau belum bisa dilakukan secara online pada situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Adapun untuk langkah-langkah pengecekan merek dagang yang bisa Anda lakukan yakni sebagai berikut :

  • Langkah pertama, Anda cukup membuka situs lama pdki-indonesia.dgip.go.id di perangkat yang digunakan.
  • Setelah itu, pilih pada bagian menu “Merek”.
  • Anda tinggal masukkan nama merek dagang atau jasa yang ingin di cek dan klik “Cari”.
  • Terakhir, Anda tinggal menunggu daftar merek dagang atau jasa yang sudah terdaftar muncul. 
  • Jika setelah mengikuti beberapa langkah di atas Anda melihat tidak muncul nama merek terdaftar, maka merek dagang yang dicek tersebut belum terdaftar. Itu artinya, Anda bisa menggunakan merek dagang tersebut untuk nama bisnis. 

Itulah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui mengenai pengertian dan juga tips cek merek dagang. Selain secara online, pengecekan merek dagang sendiri juga bisa Anda lakukan dengan menghubungi hotline Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual di 152.

Artikel Terkait