Bingung Menentukan Nama Perusahaan

Bingung Menentukan Nama Perusahaan

Mencari ide untuk nama perusahaan memang tidak semudah yang dibayangkan. Ungkapan ‘apalah arti sebuah nama’ jelas tidak cocok diterapkan saat menamai sebuah perusahaan. Pasalnya, nama menggambarkan identitas, visi, misi, dan citra perusahaan. Masalahnya, selain sebagai identitas perusahaan, nama harus terdengar menarik agar cepat dikenal sehingga bisnis akan cepat melesat.

3 Cara Mudah Memilih Nama Perusahaan

Dengan semakin menjamurnya perusahaan-perusahan baru, semakin sulit bagi kita untuk mencari nama unik dan berbeda dari yang lain. Kita bisa saja sudah memiliki banyak ide, namun setelah dicek ternyata nama tersebut sudah dipakai perusahaan lain. Berikut ini beberapa tips mencari nama bisnis dengan mudah dan cepat.

Menggunakan Tool/Name Generator

Dengan tool ini, Anda bisa mencari ide nama bisnis dengan mudah, dengan hanya memasukkan keyword terkait bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa mengisi informasi-informasi dengan lebih detail guna mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Dalam hitungan detik, beberapa saran nama bisnis yang bagus akan muncul dan Anda tinggal memilih salah satu.

Menariknya, biasanya company name generator juga memberikan layanan pembuatan logo perusahaan. Lebih dari sekedar identitas, logo adalah wajah perusahaan yang berfungsi sebagai branding dan pembeda dengan kompetitor. Nama bisnis/toko mungkin bisa sama satu dengan yang lain, namun tidak dengan logo. Tentunya menggunakan layanan pembuatan logo akan sangat menguntungkan karena logo akan terlihat lebih profesional.

Beberapa nama company name generator populer di antaranya adalah AI-powered, Oberlo, Shopify, dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya dapat diakses secara gratis sedangkan yang lainnya adalah tool berbayar.

Akan tetapi, terkadang pun nama yang direkomendasikan oleh tool tersebut sudah dipakai perusahaan lain. Jadi, Anda harus tetap cek ulang untuk memastikan nama tersebut memang unik dan autentik. Jika nama yang dipilih ternyata sudah dipakai, Anda bisa menambahkan kata-kata sendiri atau memplesetkan nama tersebut agar menjadi berbeda.

Memakai Istilah Asing

Cara lain yang tak kalah mudahnya dalah menggunakan kata dari bahasa asing. Tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat lebih dari 6 ribu bahasa? Jika kesulitan menemukan ide nama usaha, Anda tinggal membuka kamus bahasa asing dan mencari ide dari sana. Dari ribuan bahasa tersebut, pasti ada kata yang menarik perhatian Anda.

Misalnya saja, perusahaan Anda bergerak di bidang fashion. Cari saja arti kata fashion di bahasa lain. Contohnya di bahasa India, kata fashion berarti pahanaava. Anda dapat menambahkan kata lain seperti Pahannava Mode. Nama tersebut, walaupun menggunakan bahasa asing, mudah dilafalkan oleh konsumen lokal, dan tentunya cocok dengan bisnis yang dijalani. Ketika dicek di internet pun, nama ini tidak ditemukan. Berarti, bisa dikatakan, nama ini unik karena belum ada perusahaan lain yang memakainya.

Mencari Inspirasi dari Nama yang Sudah Ada

Anda boleh saja mencari inspirasi dari nama toko atau perusahaan yang sudah ada. Tetapi, hindari menggunakan nama yang sama persis. Anda bisa menambahkan kata lain untuk membuatnya berbeda. Untuk nama toko, sebenarnya tidak masalah jika sama persis. Tetapi jika levelnya sudah perusahaan atau PT, kesamaan nama bisa menjadi masalah karena ada undang-undang yang mengatur tentang hal tersebut.

Proses penamaan perusahaan memang tidak bisa instant. Tak heran jika banyak orang menghabiskan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mendapat nama perusahaan https://pendaftaranmerekdagang.com/nama-perusahaan/

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal