Cara Membuat Branding Bisnis Bagi Pemula

Cara Membuat Branding Bisnis Bagi Pemula

Membuat brand bisnis dari nol memang tidak mudah. Hal ini bisa dimulai dari membuat brand. Namun, dalam menciptakan sebuah brand harus mempertimbangkan banyak hal, seperti cara membuat merek sendiri yang bagus.

Cara Membuat Brand Bisnis Bagi Pemula

Brand bukan hanya sekedar logo atau nama bisnis. Merek adalah harapan bagaimana orang dapat melihat anda sebagai pelaku bisnis setiap kali mereka berinteraksi dengan pelanggan bisnis anda.

Brand merupakan reputasi yang dapat menggambarkan citra bisnis selanjutnya nantinya. Membangun brand memang tidak mudah, apalagi di masa-masa awal membangun bisnis. Untuk mulai membangun brand yang baik, anda bisa melakukannya dengan menerapkan cara-cara berikut ini.

Lakukan Riset Pasar

Dalam hal melakukan riset pasar, anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan, seperti berikut ini. Lakukan analisis pasar menggunakan teknologi canggih seperti alat Google Analytics. Pelajari berbagai hal yang berkaitan dengan konsumen dan perhatikan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Pelajari segala sesuatu yang relevan dari konsumen. Lakukan survei kecil-kecilan tentang target pasar nanti. Tanyakan kepada mereka tentang merek bagus seperti apa yang benar-benar mereka inginkan. Cobalah untuk bertindak sebagai konsumen dengan berbelanja baik online maupun offline.

Tentukan Target Pasar dan Pesaing

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengidentifikasi siapa target pasar anda sesuai dengan merek yang anda miliki. Untuk siapa produk anda ditujukan, apakah untuk kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas, atau bisa juga ditujukan untuk semua kalangan.

Tidak hanya mengenali target pasar atau target konsumen anda, anda juga perlu mengetahui siapa saja pesaing atau kompetitor anda. Sebab, dalam berbisnis, anda akan bersaing dengan kompetitor dengan merek masing-masing. Oleh karena itu, kenali siapa saja pesaing merek anda, sehingga anda bisa menyiapkan strategi menghadapi persaingan.

Memilih Nama Bisnis

Dalam memberikan nama bisnis, tentunya anda perlu mempertimbangkan hal-hal penting lainnya. Pastikan nama bisnis anda mencerminkan perilaku, kepribadian, dan reputasi yang baik. Perlu diingat juga, bahwa merek akan menjadi identitas penting, terutama bagi pebisnis pemula.

Nama bisnis akan berdampak pada banyak hal. Misalnya logo bisnis, metode pemasaran, hingga pendaftaran merek. Buatlah nama yang berkaitan dengan produk.

Buat Slogan untuk Merek

Setelah menemukan nama yang cocok, langkah selanjutnya buat slogan untuk brand tersebut. Pastikan slogan tersebut menjadi aset yang sangat berharga bagi brand. Dalam membuat slogan tidak perlu panjang-panjang.

Slogan atau tagline bisa berupa kata-kata atau kalimat pendek namun cukup untuk menggambarkan bisnis ke depan. Slogan juga harus lugas dan dapat memberikan kesan yang sangat kuat bagi calon konsumen di luar sana.

Buat Logo Merek

Selanjutnya, mulailah membuat logo merek. Pikirkan semua yang terbaik untuk merek bisnis anda. Merek yang menarik akan mudah mencuri perhatian konsumen. Idealnya logo merek harus unik, mudah diaplikasikan pada berbagai ukuran sehingga mudah dikenali. Bahkan ke berbagai macam media promosi, seperti facebook, youtube dan lain sebagainya.

Terapkan Branding https://patendo.com/branding/

Langkah terakhir dalam promosi merek adalah dengan menerapkan cara diatas ke semua produk bisnis. Hal ini tentunya akan mampu membangun brand value tersendiri. Jadi, setiap konsumen yang melihat brand tersebut akan langsung mengingat bisnis anda. Maka, bisnis anda akan menempati posisi tersendiri di benak konsumen.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal