Keutamaan kelas merek bagi pendaftaran merk anda

Keutamaan kelas merek bagi pendaftaran merk anda

Merk sebagai sisi penting pada suatu usaha, pembikinan satu merk pasti mempunyai makna sendiri sebagai identitas untuk satu usaha.

Nach apa sich keutamaan kelas merek untuk merek usaha ?, Yok baca penuturannya

1. Identitas Satu Usaha

Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2016 mengenai Merk dan Tanda-tanda Geografis, mengatakan jika merk ialah pertanda yang berbentuk gambar, nama, kata, beberapa huruf, beberapa angka, formasi warna atau gabungan dari beberapa unsur itu yang mempunyai daya pembanding dan dipakai dalam aktivitas perdagangan barang atau jasa.

Dengan kelas merek untuk merek usaha pasti kalian dapat membuat satu identitas sebagai keunikan usaha kalian, dengan demikian customer dapat semakin gampang membandingkan dan ingat satu produk. Misalkan saja identitas yang dipunyai oleh MCDonald's, dengan simbol huruf M yang simpel dan warna merah sebagai ciri-ciri uniknya, pasti bila menyaksikan simbol di atas beberapa orang langsung akan tahu jika itu ialah MCDonald's. Bahkan juga dari terlalu jauh bila kalian menyaksikan satu bangunan dengan simbol itu, pasti mayoritas langsung mengetahui jika itu salah satunya toko MCDonald's. Ini memperlihatkan huruf dan angka yang dipakai dalam simbol pada merk MCDonald's sukses jadi sebuah identitas sebagai keunikan, dan dikenang kuat oleh customer.

2. Pelindungan hukum

Pemerintahan sudah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merk Dan Tanda-tanda Geografis satu diantaranya memiliki arah memberi kejelasan hukum untuk warga, jika terjadi pelanggaran-pelanggaran pada merk dagang yang sudah dilakukan.

Disamping itu menurut Pasal 83 UU Merk, pemilik merk tercatat bisa menuntut faksi yang lain memakai brand-nya tanpa ijin (tanpa hak) di Pengadilan Niaga. Tuntutan itu bisa berbentuk gugatan ganti rugi atau keinginan pemberhentian aktivitas usaha pelanggar merk.

Lewat kejelasan hukum itu, dengan kelas merek bisa membuat perlindungan pendaftar yang terlebih dahulu, dengan demikian pendaftar akan memperoleh pelindungan dari usaha perampokan merk, pemakaian merk tanpa ijin, dan lain-lain. Dengan kelas merek, kalian mempunyai kebebasan untuk memakai merk itu untuk maksud komersil, dan memiliki hak larang faksi lain untuk memakai merk itu.

Contoh kasus yang ramai berkenaan pelanggaran merk belakangan ini ialah kasus merger di antara merger Gojek dan Tokopedia jadi GoTo yang dipandang lakukan pelanggaran merk atas PT Keluar Financial Technology yang tercatat bernomor IDM000858218 pada Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan Kementerian Hukum dan HAM RI.

3. Kesempatan usaha

Dengan kelas merek, pasti bila ingin merajut kerja sama dengan perusahaan lain atau investor jadi lebih gampang, ini karena beberapa perusahaan atau investor kerap menampik kerja sama bila satu usaha atau produk belum mempunyai validitas yang terang.

Saat telah mempunyai validitas kalian dapat semakin gampang ajukan kerja sama dengan faksi lain, lewat investasi modal dan partnership yang luas kalian dapat meluaskan rasio pemasaran produk, serta lebih memaksimalkan usaha kalian.

Menyaksikan keutamaan registrasi merk untuk satu produk atau usaha dan keuntungan dari registrasi merk, bagaimana sich langkah kelas merek ?. Tidak Perlu cemas akan hal itu, Team Legal dari DukungCalonmu siap siaga tawarkan kontribusi berbentuk jasa untuk beberapa UMKM atau usaha yang ingin mendaftar brand-nya, dengan kelas merek sebagai salah satunya cara protektif yang dapat dilaksanakan untuk menahan berlangsungnya perselisihan nanti.

Nantikan apa lagi, yok selekasnya daftarkan merekmu

Mengenai Dukung Calonmu

DukungCalonmu sebagai startup digital politik pertama dan satu -- satunya yang berada di Indonesia. Kami datang untuk menolong menangani permasalahan yang ada di kampanye konservatif dan penyeleksian konservatif Ketua/Pimpinan Organisasi/Komune. Kami mempunyai dua basis yang bisa pecahkan persoalan politik di Indonesia yakni Online Election dan Basis Kampanye Digital yang hendak mempermudah tiap organisasi/komune sepanjang penyeleksian. Bersama DukungCalonmu silahkan kita buat budaya politik baru untuk Indonesia yang lebih bagus!

Artikel Terkait