Langkah Pendaftaran Hak Cipta Dengan Mudah dan Cepat

Langkah Pendaftaran Hak Cipta Dengan Mudah dan Cepat

Bila kamu masih malas untuk cara pendaftaran hak cipta 2022 sekalian membuat perlindungan merek haki usaha mu sendiri, maknanya kamu harus siap untuk satu ketika berada orang yang lain mendompleng merek kamu dan menyalahgunakannya tidak dapat kamu menuntut secara hukum.

Tidak ingin kan? Usaha yang telah kamu bangun sebegitu rupa remuk saat itu juga karena merek dagangmu disalahpergunakan oleh faksi tidak bertanggungjawab.

Dengan membuat perlindungan merk di direktoran jenderal kekayaan cendekiawan (dkji) kemenkumham (kementrian hukum dan has asasi manusia) pendaftaran hak cipta tidak hannya dianggap negara, tetapi orang yang lain salah gunakan merek dagang kamu dapat diadili secara hukum.

Selainnya menghindar pendaftaran hak cipta anda disalahpergunakan, berikut faedah yang lain didapatkan dengan menpendaftaran hak cipta/merek usaha mu di kemenkumham:

1. Agunan pelindungan hukum

Keuntungan paling penting buat kamu pemilik pendaftaran hak cipta yang telah didaftarkan pada kemenkumham ialah merk kamu memperoleh pelindungan hukum yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sama seperti yang sudah ditata dalam undang-undang berkenaan hak cipta tahun 2002 yang ditetapkan langsung oleh presiden. Pelindungan ini ialah senjata khusus membuat perlindungan originalitas perusahaan yang sedang anda bangun.

Jadi selainnya merk dapat disalahpergunakan, kamu bisa juga menuntut orang yang menyontek merk usaha mu untuk keuntungan individu tanpa minta ijin ke kamu pemilik aslinya.

2. Terbebas dari resiko plagiarism

Undang-undang berkenaan hak cipta tahun 2002 yang ditetapkan langsung oleh presiden ini jamin pemerintahan akan membuat perlindungan anda dari faksi yang lain usaha pasarkan produk dengan merk yang dapat memusingkan customer.

Hingga kamu pemilik usaha tak perlu takut ada perlakuan plagiarism yang bisa jadi dilaksanakan oleh pesaing dan usaha branding usaha kamu akan makin gampang.

3. Tingkatkan nilai asset perusahaan

Merk dagang yang telah didaftar dan dipatenkan dengan cara resmi di ditjen hak kekayaan cendekiawan akan membuat nilai branding jadi bertambah serta lebih bernilai.

Sama seperti yang telah diterangkan awalnya merek sebagai salah satunya asset perusahaan paling paling besar dan bernilai, merek dapat ambil sampai tentukan keberhasilan perusahaan tersebut. Bahkan juga cukup banyak perusahaan yang sukses kembali bangkit dari kritis karena karisma mereknya yang tinggi.

4. Memudahkan buka usaha untuk waralaba

Merek yang mempunyai pelindungan hukum dan dianggap oleh pemerintahan maknanya merek sudah mempunyai nilai terbatas atas pemakaian mereka dagang. Nach, ini dapat digunakan untuk perusahaan buka kesempatan waralaba atas nama merekya sendiri.

5. Jadi imej perusahaan dan keyakinan untuk customer

Merek dagang yang tidak terang pasti memunculkan permasalahan keyakinan pada calon customer. Apa lagi bila merk dagang kamu di tiru oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kasus yang umum terjadi dengan tidak terangnya status merek kamu di mata hukum ialah susahnya memperoleh keyakinan customer pada kualitas produk tersebut.

Karena itu supaya bisa memperoleh dan jaga keyakinan customer, mempatenkan merek dagang bahkan juga saat sebelum usaha sah rilis ialah sisi penting dari kelangsungan usaha tersebut.

Langkah menpendaftaran hak cipta dagang di kemenkumham

Bila kamu belum menpendaftaran hak cipta/merek mu karena argumen takut ribet harus bolak balik kantor kemenkumham dan ongkosnya mahal.

Tidak boleh cemas! Rupanya menpendaftaran hak cipta dagang ke kemenkumham dapat lewat online. Berikut prosesnya:

Register di account merk.dgip.go.id

Isi semua formulir yang ada

Upload data bantu yang diperlukan diantaranya cap merk, tanda-tangan pemohon, dan surat info umk (bila pemohon sebagai usaha micro atau usaha kecil).

Bila dirasakan semuanya sudah diisi secara betul, seterusnya click usai permintaan telah diterima

Seterusnya, djki kemenkumham akan lakukan pengecekan normalitas pada permintaan merk yang disodorkan dalam kurun waktu 15 hari. Bila ketentuannya komplet, karena itu hasilnya akan dipublikasikan dalam kurun waktu dua bulan.

Bila tidak ada berkeberatan, kemenkumham lalu akan lakukan pengecekan substantif dalam kurun waktu 150 kerja apabila disepakati akan didaftarkan untuk selanjutnya memperoleh sertifikat.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal