Jangan Asal Buat, Begini Teknik Membuat Nama Usaha Agar Gampang Diingat Konsumen!

Jangan Asal Buat, Begini Teknik Membuat Nama Usaha Agar Gampang Diingat Konsumen!

Salah satu hal penting dalam membangun sebuah bisnis atau usaha yakni dengan membuat merek atau nama usaha patendo. Sebab dengan adanya merek usaha ini dapat mengembangkan usaha lantaran dinilai mempengaruhi citra dan minat beli konsumen. Oleh karena itulah, dalam pemilihan merek usaha ini tidak boleh dilakukan secara sembarang dan harus dapat mewakilkan produk yang dijual kepada konsumen.

Dalam membuat merek usaha, salah satu tips yang mudah dilakukan yakni harus unik dan mudah diingat konsumen. Akan tetapi jika Anda mungkin masih merasa kesulitan dalam membuat merek usaha, ada baiknya menyimak beberapa teknik membuat merek usaha yang baik di pembahasan berikut. 

Apa Saja Kesalahan yang Umum Terjadi dalam Memberikan Nama Bisnis Usaha?

Banyak orang yang beranggapan, bahwa memilih merek usaha menjadi hal yang mudah dilakukan. Padahal pada kenyataannya sendiri, memilih merek usaha adalah salah satu hal tersulit untuk dilakukan ketika mendirikan sebuah usaha di pasaran. Pasalnya, di dalamnya terdapat banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan seperti kecocokan nama dengan usaha, kesan merek usaha yang digunakan dan lain-lain.

Ketika para pelaku usaha mengabaikan beberapa aspek penting tersebut dalam memilih merek usaha, yang ada justru menjadikan bisnis sulit untuk berkembang dan sukses. Dalam hal ini, ada beberapa kesalahan umum yang sering kali dilakukan para pelaku usaha dalam memberikan merek usahanya di antaranya sebagai berikut.

  • Menggunakan nama bisnis usaha yang terlalu sederhana
  • Penggunaan nama bisnis yang sulit disebut
  • Pemakaian nama bisnis usaha yang terlalu modern
  • Menggunakan nama bisnis sesuai nama para pelaku usaha
  • Memakai nama bisnis yang terlalu umum
  • Penggunaan nama bisnis usaha yang meniru usaha lain

Bagaimana Teknik Membuat Nama Usaha yang Baik?

Dari beberapa kesalahan yang sudah disebutkan di pembahasan tadi, Anda bisa meminimalisir kesalahan tersebut dalam membuat merek usaha. Caranya, Anda perlu menerapkan beberapa teknik berikut dalam membuat merek usaha agar mudah diingat oleh konsumen.

1. Pilih Nama yang Mencerminkan Produk

Pada saat membuat merek usaha, teknik pertama yang perlu Anda perhatikan baik-baik yakni harus mampu mencerminkan produk yang ditawarkan. Cara ini dilakukan untuk memudahkan konsumen agar mengerti mengenai produk yang Anda jual. Selain mampu mencerminkan produk, pemilihan nama bisnis usaha juga harus mencerminkan target pasar agar nantinya lebih mudah diingat.

2. Gunakan Kreasi Nama yang Unik dan Singkat

Agar supaya pemilihan nama bisnis usaha gampang diingat oleh konsumen, Anda perlu menggunakan kreasi nama yang unik dan singkat. Disini, Anda bisa menggunakan satu atau dua suku kata saja dan bisa menggunakan pengulangan kata agar lebih menarik. Yang perlu diingat disini adalah, Anda perlu menghindari pemilihan nama dengan konotasi negatif agar tidak mempengaruhi citra bisnis yang dibangun.

3. Pastikan Nama Mudah Diucapkan

Ketika memilih nama bisnis usaha, Anda juga perlu menghindari pemilihan nama yang rumit dan sulit diucapkan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari penggunaan bahasa asing lantaran tidak semua orang tahu cara membaca dan maknanya. Sebagai saran, disini Anda bisa menggunakan nama merek usaha yang mudah didengar dan diucapkan agar gampang diingat. 

4. Buat Nama Bisnis Usaha yang Memiliki Makna Positif

Pemberian nama bisnis usaha juga tidak hanya memperhatikan keunikan dan kemudahan pengucapan saja, akan tetapi juga harus bermakna positif. Hal ini dikarenakan, penggunaan nama bisnis usaha nantinya akan menjadi citra bagi usaha yang Anda jalankan. Dengan menggunakan nama bisnis usaha yang bermakna positif, maka hal ini akan menjadi harapan agar usaha Anda bisa berjalan sesuai dengan nama yang diberikan.

Demikianlah beberapa teknik penting yang perlu Anda lakukan dalam membuat nama usaha agar mudah diingat konsumen. 

Artikel Terkait