5 Contoh Usaha Modal Kecil yang Akan Ramai Konsumen Terus

5 Contoh Usaha Modal Kecil yang Akan Ramai Konsumen Terus

Salah satu ketakutan seseorang memulai usaha adalah ketika usahanya mulai sepi, lalu contoh usaha modal kecil patendo apa yang akan ramai konsumen terus? Tentunya sebelum memulai usaha Anda harus rajin melakukan riset, berinovasi, dan selalu update dengan tren yang ada. 

Hal tersebut cukup penting karena beberapa segmen usaha yang ada di pasar dengan mendengarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Lalu apa saja yang dapat dilakukan agar inovasi bisnis tetap berjalan lancar? 

Berdasarkan keterangan dari website We Work, terdapat tiga jenis inovasi bisnis. Pertama, inovasi produk, kedua inovasi proses, dan ketiga inovasi model bisnis. 

5 Contoh Usaha Modal Kecil yang Akan Ramai Konsumen Terus

Berikut adalah beberapa usaha kecil yang akan ramai konsumen terus dan dapat dijadikan ide bisnis Anda.

1. Usaha Sembako

Salah satu usaha kecil yang selalu akan ramai konsumen adalah usaha sembako. Usaha yang berkaitan dengan kebutuhan kelangsungan hidup adalah usaha yang tidak pernah sepi.

Hal tersebut karena manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu usaha sembako, kuliner, pertanian, dan segala usaha yang berkaitan dengan kebutuhan hidup tidak ada matinya.

Usaha sembako ini memang sangat berpeluang karena setiap rumah tangga tentunya membutuhkan bahan makanan untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu, saat memulai usaha kecil ini adalah pastikan memiliki tempat penyimpanan sembako yang baik, agar produk tidak cepat rusak.

2. Usaha Camilan atau Makanan Ringan

Usaha kecil makanan ringan memang sangat berpotensi selalu ramai. Hal ini karena camilan tidak hanya disukai anak-anak tetapi juga orang dewasa untuk menemaninya saat melakukan aktivitas.

Tidak selalu berpatokan pada jenis makanan ringan yang memerlukan bahan dasar yang mahal di pasaran. Aneka makanan ringan dengan bahan dasar seperti singkong, per-aci-an, kentang, ubi, dan beberapa bahan yang mudah ditemukan seringkali banyak diminati.

Contohnya saja usaha camilan stik basreng atau bakso goreng dengan varian pedas dan original. Lalu, ada juga usaha keripik singkong dengan varian berbagai rasa yang sangat digemari banyak kalangan.

3. Usaha Fashion

Salah satu kebutuhan lainnya yang juga tidak pernah sepi adalah pakaian atau fashion. Usaha kecil jenis ini tidak akan mengalami resesi ekonomi walaupun keadaan ekonomi sebuah negara sedang fluktuatif karena semua orang membutuhkan pakaian bersih.

Sama dengan pakaian baru, dunia fashion ini berjalan sangat dinamis. Dari waktu ke waktu tren fashion memang terus dan cepat bergulir mengikuti perkembangan dan keinginan orang-orang.

Dengan memanfaatkan karakteristik pada konsumen yang selalu tidak ingin ketinggalan tren atau FOMO (fear of missing out). Usaha Fashion ini akan terus ramai konsumen dan berjalan dalam kondisi apapun tentunya dengan high season dan low season-nya masing-masing.

4. Usaha Kursus Online

Jika Anda memiliki keterampilan khusus seperti make up, membuat makanan, skill digital, dan lain-lain maka Anda dapat memulai usaha kursus online. Di era digital yang seperti sekarang, banyak orang yang mempertimbangkan keefektifan dan keefisienan waktu mereka dan lebih memilih kursus online daripada offline.

Anda bisa memulainya dengan mengajak orang-orang sekitar yang mengetahui keahlian Anda. Lalu, setelahnya mulai memasarkan jasa tersebut melalui media sosial dengan review dan testimoni dari pengikut kelas Anda sebelumnya.

Jadi, usaha ini terbilang cukup menjanjikan, apalagi jika keahlian yang Anda ajarkan memang terbukti kualitasnya. Selain waktunya yang cukup fleksibel, Anda juga bisa melakukannya walaupun dari rumah saja dan modal pendukung kursus yang tidak terlalu besar.

5. Usaha Kosmetik

Usaha kecil yang akan selalu ramai konsumen adalah usaha Kosmetik. Hal ini karena konsumen terbesar dari produk ini adalah sebagian besar merupakan kaum hawa.

Banyak perempuan yang sangat mengandalkan kosmetik dan juga skin care untuk menjaga penampilannya sehari-hari. Entah itu untuk acara khusus, ke kantor, pergi jalan-jalan, bahkan ketika di rumah saja.

Tidak hanya itu saja, jenis produk kosmetik maupun skin care ini juga cukup beragam dengan fungsinya masing-masing. Dan para konsumen produk ini tentunya tidak hanya akan memakai satu jenis produk saja, tetapi juga satu paket lainnya.

Demikian informasi mengenai lima contoh usaha modal kecil yang akan ramai konsumen terus dan dapat dijadikan ide bisnis Anda. Apakah Anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis apa yang Anda jalankan? 

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal