Bagaimana Memulai Usaha Cafe Modal 5 Juta? Ini Solusi Usaha Modal Minim!

Bagaimana Memulai Usaha Cafe Modal 5 Juta? Ini Solusi Usaha Modal Minim!

Bisnis cafe menjadi salah satu jenis usaha yang mengalami perkembangan cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak orang yang ingin memiliki usaha cafe karena peluang keuntungan yang besar. Namun bagaimana cara memulai usaha cafe modal 5 juta patendo ?

Banyak orang yang beranggapan jika usaha cafe memerlukan modal yang sangat besar. Padahal, modal minim juga bisa dikembangkan menjadi usaha cafe, asal menggunakan strategi atau cara yang tepat, sehingga pemanfaatan modal bisa dilakukan secara maksimal.

Bagaimana Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta?

Untuk mewujudkan impian anda, memiliki cafe dengan modal yang minim, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda jadikan referensi atau bahan pertimbangan sebelum membuka usaha cafe. Apa sajakah itu?

1. Lokasi Strategis Sesuai Budget

Anda harus pintar-pintar melakukan riset lokasi yang strategis dengan harga sewa yang sesuai dengan budget yang sudah anda rancang sebelumnya. Lokasi yang strategis dan mampu memberikan kenyamanan akan menjadi poin plus untuk cafe anda.

Anda bisa menyewa lokasi yang dekat dengan kampus, kantor, sekitar jalan yang ramai, dekat tempat wisata, dan lokasi yang mudah diakses oleh banyak orang. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, anda akan lebih mudah mendapatkan banyak pengunjung.

Jika anda bisa menemukan lokasi dengan budget dibawah rencana anda sebelumnya, itu adalah keuntungan besar. Anda bisa mengalokasikan lebihan dana tersebut untuk membeli dekorasi atau peralatan tambahan yang akan membuat cafe anda semakin ciamik.

2. Cari Supplier Bahan Baku dari Grosir

Jika membeli dari grosir, tentu harga bahan bakunya akan lebih murah dibanding membeli di pengecer. Memang salah satu syarat membeli di penjual grosir harus dalam jumlah yang banyak. Namun jika kualitas bahannya bagus, maka bisa bertahan lama.

Sehingga tidak masalah jika harus membeli bahan-bahan dalam jumlah yang agak banyak. Karena selisih harga grosir dan eceran biasanya cenderung berbeda jauh, hal ini tentu harus diperhitungkan dengan matang berkaitan dengan modal usaha yang minim.

3. Ciptakan Menu Andalan

Menu adalah hal inti yang harus anda pikirkan dengan matang, coba temukan menu unik, menarik, dan otentik yang akan menjadi andalan dari cafe anda. Menu andalan ini sekaligus menjadi ciri khas dari cafe anda, yang membuat orang ingin kembali berkunjung.

Oleh karena itu, pembuatan menu andalan ini memerlukan ide, riset, dan percobaan berulang kali untuk menemukan takaran dan rasa yang pas. Jangan hanya satu, ciptakan dua atau tiga menu andalan agar pengunjung memiliki banyak pilihan.

Namun anda juga tidak melupakan kualitas menu-menu pendukung lainnya harus tetap memiliki rasa, power, dan ciri khas yang kuat untuk menarik minat para pengunjung.

4. Manfaatkan Marketing di Sosial Media

Untuk meminimalkan biaya pemasaran, anda bisa memanfaatkan the power of sosial media atau internet. Apalagi sasaran cafe pastilah anak muda, jadi mulailah dengan membuat konten yang menarik di sosial media.

Misalkan dengan membuat postingan di Instagram, lalu share konten melalui Whatsapp, promosi di Twitter, membuat video menarik di TikTok, dan lainnya. Lakukan pemasaran dengan cara kreatif menggunakan media sosial untuk meminimalisir budget.

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir dan bimbang lagi jika ingin memulai usaha cafe modal 5 juta. Pada intinya, jangan membuka usaha hanya dengan modal nekat saja. Harus ada rancangan strategi yang matang, apalagi jika modal yang anda miliki tidak banyak.

Artikel Terkait