Peluang Bisnis: Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Cara Menemukannya

Peluang Bisnis: Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Cara Menemukannya

Belakangan ini nampaknya banyak orang yang bersemangat untuk memulai dan mencari peluang bisnis patendo khususnya para milenial dan gen Z. Hal tersebut memang beriringan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang juga terus berkembang dan membantu dalam kegiatan bisnis.

Pada artikel berikut ini akan membahas seputar peluang pada bisnis, mulai dari pengertian, tujuannya, kriterianya, dan juga bagaimana cara menemukannya. Simak lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Peluang Bisnis

Peluang bisnis merupakan sebuah momen di mana seseorang memiliki kesempatan untuk menawarkan barang atau jasa untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini, orang yang memiliki peluang ini secara efektif memanfaatkan penggunaan sumber daya secara efektif untuk membantu usahanya.

Sedangkan Thomas W. Zimmerer mendefinisikan peluang  pada bisnis sebagai karya dari pemikiran-pemikiran kreatif serta inovasi yang dilakukan guna mencapai sebuah tujuan. Maka dari itu, sebuah bisnis tentunya akan berkembang pesat jika selalu berinovasi.

Tujuan Peluang Pada Sebuah Bisnis

Berikut adalah beberapa tujuan sebuah peluang pada bisnis dijalankan.

Untuk mencapai tujuan berupa kekayaan, keuntungan, popularitas, status sosial, dan lain-lain.

  • Memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar secara efektif dan efisien. Seperti uang, modal, skill, relasi, dan juga pengalaman.
  • Menjaga bisnis supaya tidak bangkrut atau tidak gagal di tengah perjalanan.
  • Menentukan barang atau jasa apa saja yang menjadi kebutuhan dan yang tidak diperlukan oleh orang lain. 
  • Mengenali jika terdapat pasar untuk produk atau layanan yang akan Anda sediakan.

Kriteria Peluang Sebuah Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dari peluang usaha, maka setelahnya Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk mencapai tujuan usaha. Lalu, apa saja yang menjadi tolak ukur sebuah usaha? Berikut adalah beberapa kriteria peluang usaha.

  • Bukan merupakan bisnis musiman akan tetapi suatu usaha yang berjangka panjang.
  • Usaha tersebut dapat terus berkembang pesat dan kuat, serta menjadi lebih banyak.
  • Memiliki potensi untuk mengembangkannya dalam skala yang lebih besar.
  • Modal yang dibutuhkan cukup terjangkau dan mudah dipenuhi.
  • Memiliki prospek serta keuntungan yang dapat dibuktikan dan juga menjanjikan.

Cara Menemukan Peluang Pada Sebuah Bisnis

Mengenali dan memilih peluang bisnis memang perlu melakukan usaha identifikasi yang tepat agar Anda juga memahami apa yang menjadi permintaan dan kebutuhan banyak orang. Lalu bagaimana cara menemukannya? Berikut adalah cara menemukan peluang sebuah bisnis.

1. Tentukan Sumber Peluang Sebuah Bisnis

Langkah utama yang harus Anda lakukan adalah menentukan sumber peluang sebuah bisnis terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memahami bagaimana keterampilan, keahlian, hobi, latar belakang pendidikan calon pelanggan dari bisnis Anda.

2. Tetapkan Sektor Bisnis yang Sesuai

Langkah kedua yaitu menetapkan sektor bisnis yang tepat dan sesuai untuk memperoleh gambaran sektor bisnis yang jelas dan cocok untuk Anda jalankan. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda dalam mengembangkan usaha agar lebih luas lagi. Misalnya saja Anda harus menjalankan sebuah bisnis Kerajinan Kulit terlebih dahulu atau bersamaan dengan bisnis sepatu?

3. Fokus dan Lakukan Pertimbangan Lagi

Kemudian, langkah ketiganya adalah tetap fokus dan selalu pertimbangkan saat ingin mengambil keputusan. Hal ini juga dapat dilakukan dengan sering melakukan evaluasi kemampuan secara berkala agar kesempatan bisnis selanjutnya tetap sustainabilitas. 

Jadi, jika Anda dapat memanfaatkan semua peluang bisnis untuk memulai menjual barang atau jasa, agar Anda dapat bertahan maka dibutuhkan beberapa kemampuan lainnya juga. Seperti jiwa kompetitif, melakukan penilaian periodik pada produk, dan juga mengevaluasi layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Demikian informasi mengenai peluang bisnis: pengertian, tujuan, kriteria dan cara menemukannya. Apakah Anda sudah mantap untuk memulai bisnis dengan melihat dan memanfaatkan peluang yang ada di lapangan?

Artikel Terkait