Sejarah Munculnya Hari Buruh Yang Harus Diketahui

Sejarah Munculnya Hari Buruh Yang Harus Diketahui

Tanggal 1 Mei dikenal juga sebagai hari buruh internasional atau May Day, dimana pastinya Anda sering kali menjumpai banyaknya serikat buruh yang ada di Indonesia melakukan aksi demonstrasi pada saat ini bukan. Hal ini dikarenakan mereka ingin menuntut hak mereka kepada pemerintah, terkait dengan kebijakan seperti diantaranya adalah kenaikan upah, jam kerja, aturan terkait dengan libur dan cuti, perbaikan sistem kerja dan lain sebagainya.

Sebelum munculnya hari buruh ini sendiri sebenarnya memang ada sejarah panjang yang terjadi sebelum itu, berikut ini diantaranya, yaitu:

1. Gerakan buruh di tahun 1886, gerakan buruh ini pertama kali muncul di Amerika Serikat, dimana memang kaum pekerja disana dipaksa untuk bekerja selama 19 jam dalam sehari, hal ini tentunya menimbulkan berbagai macam polemik, karena memang sudah tidak manusiawi. Sehingga hal tersebut membuat kaum pekerja mulai melakukan aksi demonstrasi secara besar-besaran, bahkan puncaknya adalah terjadi insiden hymarket yang kemudian menginspirasi terjadinya kongres internasional.

2. Diadakan kongres pertama gerakan buruh, kongres pertama gerakan buruh ini mulai diadakan pada September 1866 di Jenewa, Swiss. Secara umum kongres yang satu ini mulai menetapkan berbagai macam daftar yang menjadi tuntutan para buruh. Ini merupakan sebuah agenda yang terinspirasi dari tuntutan yang telah dilakukan oleh National Labour Union di Amerika Serikat.

3. Penetapan international workers day oleh kongres social, setelah kongres tingkat dunia yang dilakukan, maka kemudian mulai ditetapkan hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei, itulah mengapa ia dikenal juga sebagai May Day. Tanggal tersebut dipilih karena memang kongres sosialis dunia melalui Federation of Organized Trades and Labour Unions, dimana ia ingin mengabadikan kesuksesan dari aksi buruh yang dilakukan pada tahun 1872, yaitu dengan menuntut 8 jam kerja di Amerika Serikat, sehingga kemudian di pilihlah tanggal 1 Mei ini.

Itulah sekilas sejarah tentang hari buruh, update lebih banyak informasi bermanfaat dan terbaru hanya dari website resmi EF Adults, termasuk bagi yang ingin belajar bahasa inggris lebih mendalam juga bisa disini.

Artikel Terkait

Komentar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Batal